islampos
Media islam generasi baru

Tujuh Rumah Sakit Rusak Berat Akibat Serangan Rezim Bashar al-Assad

Foto: Arabnews
0

IDLIB—Dalam kurun waktu satu bulan sebanyak tujuh rumah sakit dan klinik di barat laut Suriah mengalami rusak berat akibat serangan udara yang dilakukan pasukan rezim Bashar al-Assad dan sekutunya, Rusia.

“Pada April, rumah sakit di selatan Provinsi Idlib telah menjadi target secara sistematis,” ujar Abdel Hamid Dabbak, yang bertanggung jawab atas seluruh rumah sakit di Provinsi Idlib, seperti dilansir Arab News, Ahad (30/4/2017).

Upaya untuk membuka kembali pusat kesehatan tengah berlangsung di Idlib, namun, menurut dokter Monzer Khalil yang memimpin sebuah lembaga kesehatan, mengatakan bahwa pesawat tempur hingga saat ini masih mengancam warga sipil.

“Situasinya semakin buruk bagi penduduk yang menderita, terutama bayi karena kita kehabisan inkubator,” kata Khalil. Ia menambahkan, tiga rumah sakit lainnya di Provinsi Hama juga dibom dan mengalami rusak berat.

Seorang koresponden AFP di Idlib melihat kerusakan besar di beberapa rumah sakit. Peralatan medis telah hancur dan bangsal pasien dipenuhi reruntuhan bangunan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Suriah adalah negara yang paling berbahaya bagi staf medis. Ratusan fasilitas medis telah hancur dalam perang sipil di negara itu yang telah berlangsung selama enam tahun. []

loading...
loading...