ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Trump: Saya Kecewa, China Tertangkap Basah Jual Minyak ke Korut

0

WASHINGTON—Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan dirinya kecewa karena China tertangkap basah menjual minyak ke Korea Utara (Korut).

“China Tertangkap basah, kami sangat kecewa karena membiarkan minyak masuk ke Korut. Tidak akan pernah ada solusi ramah untuk masalah Korea Utara jika ini terus terjadi!” ujar trump seperti dilansir dari Reuters, Jumat (29/12/2017) kemarin.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa pemerintah AS mengetahui kapal-kapal yang terlibat dalam kegiatan yang melibatkan minyak dan batubara sulingan.

“Kami memiliki bukti bahwa beberapa kapal yang terlibat dalam kegiatan ini dimiliki oleh perusahaan di beberapa negara, termasuk China,” kata pejabat AS.

Satelit mata-mata AS telah mendeteksi kapal-kapal China memindahkan minyak ke kapal-kapal Korut sekitar 30 kali sejak Oktober.

Pemerintahan Trump telah memimpin sebuah upaya untuk meningkatkan sanksi global terhadap Korut dalam menanggapi upaya Pyongyang untuk mengembangkan rudal bertingkat nuklir yang mampu menyerang AS.

Washington mengatakan bahwa kerja sama penuh China, tetangga sekaligus mitra dagang utama Korut, sangat penting bagi keberhasilan usaha ini. AS juga memperingatkan bahwa semua opsi ada di atas meja, termasuk militer, dalam berurusan dengan Korut.

Namun hal tersebut dibantah oleh China, Pihak china pada hari Kamis mengatakan bahwa tidak ada penjualan minyak yang melanggar peraturan oleh kapal-kapal China ke Korut. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...