ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Trump Perintahkan Dokumen Rahasia Pembunuhan JFK Dirilis

0

Advertisements

WASHINGTON—Donald Trump memerintahkan merilis dokumen rahasia soal pembunuhan mantan Presiden AS John F. Kennedy –JFK- yang tewas ditembak di Dallas pada 1963.

Namun intruksi Trump tersebut mendapat tekanan dari Badan Intelijen CIA dan Badan Biro Investigasi FBI. Sekitar 2.800 dokumen mengenai kematian JFK diperintahkan Trump untuk dibuka ke publik hari ini.

Sebelumnya, Trump sudah memberitakan seluruh lembaga di pemerintahannya untuk mengkaji informasi dalam dokumen sebelum dipublikasikan,.

“Saya perintahkan seluruh lembaga yang pernah mengajukan penundaan untuk membuka seluruhnya informasi agar mengkajinya dan mengidentifikasikan sebanyak mungkin apa yang bisa dibuka ke publik tanpa mencederai kebijakan pertahanan, intelijen, penegakan hukum, dan kebijakan luar negeri,” kata Trump seperti dikutip dari Reuters.

Trump menegaskan, warga Amerika berhak mendapatkan akses sebanyak mungkin ke dokumen-dokumen mengenai kematian JFK.

Namun, seorang sumber dari dalam pemerintahan mengungkapkan bahwa Trump mendapat tekanan dari FBI dan CIA untuk mencegah sejumlah informasi agar tidak dipublikasikan.

Direktur CIA, Mike Pompeo menyatakan keberatannya kepada Gedung Putih mengenai sejumlah data rahasia terkait dengan kematian JFK.

Jauh sebelumnya, Kongres telah memerintahkan agar semua catatan yang berkaitan dengan penyelidikan atas kematian JFK dibuka untuk umum, dan menetapkan batas waktunya pada tanggal 26 Oktober 2017.

Related Posts
1 of 24

Ahli yang telah mempelajari pembunuhan JFK pada 22 November 1963 memperkirakan dokumen-dokumen terbaru tidak memberikan rincian mengenai mengapa Lee Harvey Oswald menembak JFK.

“Murid-murid saya benar-benar skeptis bahwa Oswald adalah satu-satunya pembunuh yang dibayar, ” kata Patrick Maney, seorang profesor sejarah di Boston College.

Kennedy ditembak dari jarak jauh ketika berada di iring-iringan mobil kepresidenan di Dallas, Texas pada 22 November 1963. Lee Harvey Oswald, yang dinyatakan sebagai pembunuh tunggal oleh hasil investigasi Warren Commission, pada awalnya ditangkap bukan untuk kasus pembunuhan Kennedy, namun karena pembunuhan seorang polisi Dallas bernama J.D. Tippit. Oswald pun menolak telah membunuh keduanya. Ia mengaku bahwa ia telah dimanfaatkan oleh pihak lain.

Pembunuhan JFK adalah yang pertama dari serangkaian pembunuhan bermotif politik, termasuk kematian saudaranya Robert F. Kennedy dan pemimpin hak asasi manusia Martin Luther King Jr., yang mengejutkan Amerika Serikat selama tahun 1960an yang penuh gejolak. JF merupakan salah satu presiden Amerika Serikat yang paling dikagumi.

Perintah Trump membuka dokumen rahasia kematian JFK diharapkan untuk menjawab berbagai kontraversi tentang pelaku dan motif penembakan JFK 50 tahun lalu.

Menurut seorang pejabat AS yang namanya tidak mau diungkap, permintaan beberapa dokumen tidak dirilis, merupakan usulan dari Badan Intelijen Pusat (CIA) dan Biro Investigasi Federal (FBI).

Dari keterangan sejumlah peneliti dari institut Kennedy, dokumen yang dirilis hanya berupa informasi umum. Tidak ada data-data soal bom dan juga beberapa teori konspirasi yang dibuka untuk umum.

Dokumen terkait pembunuhan Kennedy, sebenarnya sudah dibuka sebagian oleh Pemerintah Amerika Serikat. Namun, ada bagian terakhir yang masih bersifat rahasia dan belum dipublikasi secara bebas. []

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline