ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Trump: Militer AS Sangat Siap Hadapi Korut

Foto: Business Insider
0

NEW YORK—Alih-alih mengabaikan seruan dunia internasional untuk menahan diri terhadap Korea Utara, Presiden Amerika Donald Trump justru kembali memperingkatkan Pyongyang, dengan menyatakan militer AS sudah siap hadapi negeri Kim Jong Un tersebut.

“Mereka benar-benar akan menyesali tindakannya, karena militer AS kini sudah berada dalam posisi siap dan mengunci sasaran,” ujar Trump seperti dikutip dari CNN.

Trump sendiri sepanjang pekan ini terlibat psywar (perang kata-kata-red), dengan Korea Utara terkait program senjata dan misilnya yang ditenggarai berhasil menciptakan miniatur hulu ledak nuklir.

Perselisihan antara Amerika Serikat dan Korea Utara yang meningkat setiap harinya, memicu kekhawatiran dunia dengan kemungkinan adanya kesalahan perhitungan oleh kedua negara akan memicu bencana konflik di Semenanjung Korea.

China, Rusia, dan Jerman telah mendesak kedua belah pihak untuk mengurangi retorikanya.

“Solusi militer saat ini sudah selesai, terkunci dan siap, seandainya Korea Utara memilh bertindak tidak bijak. Mudah-midahan Kim Jong Un akan menemukan cara lain,” ujar Trump, Jumat (11/8), seperti dikutip dari AFP.

Trump juga mengecam rencana Pyongyang yang akan meluncurkan rudal ke Guam, Wilayah Amerika Serikat bagian Pasifik. Dia pun mendesak Kim untuk mendengarkan peringatannya.

Sementara itu, Cina yang merupakan sekutu utama Korea Utara berpendapat Trump dan Kim harus mengurangi ekskalasi yang diciptakannya.

“Kami berbicara dengan mereka untuk lebih hati-hati dalam beretorika dan bertindak. Ini membuat tensi meningkat dan kepercayaan menurun,” uar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang dalam pernyataan resminya.

Trump sendiri sejauh ini telah meminta Cina untuk memberikan tekanan lebih kepada Trump. []

loading...
loading...