Tolak Referendum Erdogan, Ribuan Massa Pro Kurdi Gelar Demo di Jerman

Foto: voanews
0

FRANKFURT – Sekitar 30.000 demonstran pro-Kurdi berunjuk rasa di kota Jerman Frankfurt hari Sabtu (18/3/2017). Dalam aksinya, mereka menyerukan “demokrasi di Turki” dan menyatakan “tidak” untuk referendum terkait perluasan kekuasaan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Turki mengecam aksi demonstrasi itu dengan menyebutnya sebagai tindakan yang “tidak dapat diterima.” Banyak demonstran membawa simbol-simbol dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

Aksi demonstrasi di Frankfurt tersebut berlangsung dengan damai. Demikian menurut seorang juru bicara polisi, seperti dilaporkan Press TV.

Beberapa peserta membawa bendera dan spanduk PKK, serta poster bergambar pemimpin PKK yang dipenjara Abdullah Ocalan. Ocalan saat ini menjalani hukuman seumur hidup di Turki. Demonstran juga menyerukan pembebasannya.

Polisi mengatakan dalam aksi itu tidak ada spanduk atau bendera yang disita. Namun polisi menegaskan bahwa foto-foto yang diambil dapat menyebabkan penuntutan di masa depan.[fq/islampos]

loading...
loading...