3 Tips Menyimpan Hijab Aneka Model dan Bahan

kisah mualaf, tips merawat hijab, tips menyimpan hijab

Ilustrasi. Foto: apdut

SEORANG muslimah pasti memiliki koleksi jilbab, termasuk hijab dan kerudung. Mengingat pakaian tersebut merupakan pakaian yang disyariatkan dalam Islam, tentu tidak boleh sembarangan dalam menyimpan dan merawatnya. Ada beberapa tips menyimpan hijab agar awet dan tidak kusut.

Merawat dan menyimpan jilbab dengan benar sangat penting agar hijab selalu terlihat bersih, apik dan enak dilihat. Jika salah atau sembarangan soal ini, hijab bisa kusut, tidak rapi, kurang terawat, bahkan warnanya bisa cepat pudar.

BACA JUGA: 5 Tips Merawat Hijab Plisket Biar Lipatannya Awet

Saat ini, ada banyak jenis, bahan, dan model hijab. Perawatannya pun tentu berbeda-beda, mulai dari mencuci hingga menatanya di lemari. 

Tips mencuci dan menjemur hijab

  1. Saat mencuci koleksi jilbab, pastikan Anda memisahkan yang berwarna putih dari yang berawarna cerah. Jika Anda punya jilbab warna cerah yang cenderung luntur, atau jika Anda baru membeli jilbab berwarna cerah dan tidak yakin, pisahkan dari jilbab lain untuk dicuci terpisah.
  2. Untuk jilbab berbahan ringan dan tipis sebaiknya dicuci dengan tangan. Jangan dikucek dan diremas terlalu kuat, melainkan cukup direndam lalu digosok atau dikucek pelan.
  3. Saat menjemur jilbab, gunakan gantungan alih-alih dibentangkan di tali jemuran lalu dijepit; ini agar bentuk jilbab tidak berubah dan tidak menjadi kusut.
tips menyimpan hijab
Ilustrasi. Foto: Seruni

Nah, berikut tips menyimpan hijab yang bisa diterapkan dalam rutinitas sehari-hari:

Tips menyimpan hijab antem atau bergo

Hijab anti tembem atau antem biasanya berupa bergo alias jilbab instan yang sangat praktis untuk dipakai seari-hari. Jilbab jenis ini memiliki pat yang berbentuk lengkung membingkai wajah. Bagian tersebut biasanya berbahan busa.

Untuk jenis jilbab yang memiliki busa di bagian depannya itu, simpanlah dengan cara digantung di gantungan khusus jilbab dan bukan dilipat; ini agar lapisan busa tersebut tidak berubah bentuk dan menjadi nampak miring.

BACA JUGA: 4 Tips merawat Hijab Berdasarkan Modelnya

Tips menyimpan hijab pashmina dan hijab segi empat lebar

Untuk jenis jilbab yang sangat panjang dan lebar juga ada baiknya digantung; jika dilipat dan ditumpuk, bisa-bisa muncul garis bekas lipatan di permukaannya (apalagi untuk jilbab yang ditaruh di tumpukan paling bawah).

Tips menyimpan hijab berbahan sifon

Hijab ini bisa dilipat membentuk persegi karena ringan, untuk menghemat tempat gantungan. Jangan lupa untuk membuat lipatan yang rapi dan tidak terlalu kecil agar tidak banyak bekas lipatan di permukaaannya.  []

SUMBER: HIJABPEDIA