ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

“Tidak Enak Badan”, Sistem Peringatan Tubuh yang Paling Baik

0

Advertisements

JAUH sebelum suatu penyakit dalam tubuh terdiagnosis, tanda-tandanya sudah muncul. Seperti ketidaknyamanan pada tubuh. Tidak ada yang serius atau signifikan, hanya hal-hal kecil yang erasa menganggu hidup kita.

“Gangguan” ini bahkan kadang tidak memengaruhi gaya hidup atau muncul pada grafik kedokteran, tes darah, sina X, urine, ultasound, MRI, atau termometer. Namun “Gangguan” ini memengaruhi kualitas hidup kita dan membuat kita menggerut karena hidup terasa salah.

Kita bahkan tidak menyadari perbedaan antara perasaan utuh dan sehat dengan perasaan tidak enak badan. Berikut gejala perasaan “tak beres” yang mungkin kita alami.

Tanda-tanda ini terkadang ringan dan hilang timbul, tetapi cukup untuk memberi tahu kita ada yang tidak seimbang:

• Bingung, atau pikiran berkabut
• Rasa nyeri yang bersifat ringan
• Stres, mudah tersinggung, defresi
• Memori janga panjang yang lebih buruk dari normal
• Menstruasi yang berbeda dari biasanya
• Kelelahan atau rasa lesu
• Tidak bisa tidur
• Sakit kepala ringan
• Gangguan pencernaan ringan, seperti buang angin, kembung , dada terbakar, sulit buang air besar, atau diare
• Nafsu makan berkurang

Untuk menstabilkan hormon, kita memerlukan yin dan yang dengan kualitas baik setiap hari. Tidak ada herbal, suplemen, atau obat yang bisa menggantikan diet harian yang tepat, gaya hidup, dan manajemen stres yang baik. Mungkin inilah sebabnya Hippocrates bersumpah untuk “memberikan obat demi kebaikan pasien”. Tidak ada pil maupun ramuan yang bisa melawan efek stres yang ditimpakan pada tubuh dan pikiran.

Tenggelam dalam hidup yang penuh tekanan, terlalu berambisi, dan sangat sibuk dapat menumbuhkan yang berkualitas buruk. Adapun yin berkualitas buruk didapat jika kita memanjakan diri dalam kelemahan atau aktivitas dan makanan berkualitas buruk, seperti makanan sampah, fast food, makanan yang terlalu banyak proses, atau makanan berpengawet.

Related Posts

Tips mendapatkan yin berkualitas:
• Mengosumsi maknan sehat
• Menyempatkan diri setiap hari untuk berkontenplasi dan merenung di tempat yang sunyi
• Membangun hubungan penuh kasih sayang dengan orang lain

Solusi Untuk “TIDAK ENAK BADAN”

Langkah pertama dalam mengatasi semua masalah kesehatan adalah “diet sehat”.

Konsumsilah makanan yang utuh, dimasak selagi segar, dan kebanyakan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tubuh kita telah berevolusi untuk mengetahui cara mencerna dan mengolah makanan. Proses memasak mebantu kita mencerna lebih mudah. Makanan utuh meliputi sayuran, buah, gandum utuh (seperti nasi merah, jawawut, qoinoa, dan gandum), kacang-kacangan, madu sirup mapel, susu, dan daging. Semakin segar makanan, lebih baik. Sebaliknya, hindari makanan kalengan, makanan beku, atau makanan sisa.

Pilar kedua dan ketiga dari kesehatan adalah gaya hidup sehat dan manajemen stres. Kedua aspek ini saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan. Jika kita punya gaya hidup yang baik, kita akan terhindar dari mengatasi stres. Kebiasaan yang kita lakukan untuk mengatasi stres pun menyatu menjadi gaya hidup kita. Ritinitas sehari-hari merupakan hal penting bagi kesehatan kita. Ketika tubuh menyesuaikan dengan kegiatan rutin dan belajar untuk terbiasa dengannya, sistem syaraf bisa rileks. []

Refrensi:  Balance Your Hormones, Balance Your Life: Achieving Optimal Health and Wellness through Ayurveda, Chinese Medicine, and Western Science/Dr. Claudia Welch, MSOM/Da Capo Lifelong Books/2011

 

 

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline