Terus Tumbuh, Umat Muslim Yukon Berencana Bangun Masjid

0

KANADA—Umat Muslim wilayah Yukon, Kanada dikabarkan telah memulai penggalangan dana untuk membangun masjid pertama di wilayah itu, CBC melaporkan pada Selasa (17/1/2017).

Seorang warga Muslim Muhammad Javed menceritakan bagaimana ia dan keluarganya saat datang ke Yukon 16 tahun yang lalu setelah beremigrasi dari Pakistan.

“Hanya ada tiga keluarga di sini, termasuk saya sendiri dan tidak ada tempat untuk sholat. Kami menggunakan rumah sendiri sebagai masjid untuk merayakan hari raya tahunan seperti Idul Fitri dan Ramadan,” kata Javed.

Javed mengatakan ketika mulai tumbuh, umat Muslim mulai menggunakan Gereja Inggris untuk shalat Jumat, namun dihentikan. Empat tahun lalu, Javed mulai menyewa sebuah kantor di pusat kota untuk dijadikan masjid.

Sekarang, dengan kehadiran sekitar 40 keluarga Muslim di Yukon, Javed memutuskan inilah saatnya umat Muslim untuk membangun masjid.

“Tempat yang kami sewa, kini semakin sempit untuk menggelar perayaan Islam. Kami sudah tidak bisa menampung banyak orang di sini. Selain itu untuk menggelar pertemuan sosial, ruang ini sudah sangat sempit. Jadi kami perlu memiliki ruang yang lebih besar. Juga bukan menyewa kami ingin memiliki tempat sendiri,” pungkas Javed.

Javed menambahkan, saat ini umat Muslim juga perlu lebih banyak ruang untuk anak-anak bermain dan mengaji. []

loading...
loading...

You might also like More from author

Comments

Loading...