ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ternyata Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia Berada di Timur Tengah!

foto: The Guardian
0

TAHUKAH Anda dimana letak gedung pencakar langit tertinggi di dunia? Jangan kaget, ternyata tempat-tempat gedung tinggi itu bukan hanya berada di Eropa atau Amerika Serikat (AS), namun berada di negeri muslim.

Seperti diketahui, Perlombaan untuk membangun gedung pencakar langit yang tinggi dimulai di AS pada tahun 1931.

Selama kurun waktu lebih dari 40 tahun, Empire State Building di Manhattan di New York, menjadi gedung tertinggi di dunia. Pada tahun 1973, kemudian didirikan World Trade Center Towers di kota yang sama, dan tahun setelahnya kemudian berdiri Menara Wills di Chicago.

Namun, saat ini gedung tertinggi di dunia bukan dimiliki AS lagi, tapi dimiliki oleh Benua Asia yakni Dubai. Dubai memiliki gedung pencakar langit Burj Khalifa yang tingginya mencapai 828 meter.

Bahkan, saat ini Dubai sedang membangun gedung pencakar langit kembar tertinggi di dunia, digarap oleh arsitek terkenal di dunia Santiago Calatrava untuk pembangunan Dubai Creek Harbour Emaar.

Emaar telah mengklaim bahwa The Tower di Dubai Creek Harbour akan selesai pada tahun 2020, dan menjadi gedung pencakar langit yang tertinggi di dunia.

Sejak tahun 90-an, Benua Asia memang memasuki era perlombaan dalam pembuatan gedung-gedung pencakar langit. Tercatat pada tahun 1998, Malaysia memiliki Petronas Towers di Kuala Lumpur, kemudian disusul oleh Taiwan pada tahun 2004, dengan gedung Taipei 101.

Tak hanya di Malaysia dan Taiwan, negera-negara Timur Tengah pun ikut andil dalam perlombaan gedung tertinggi ini. Hal ini terbukti dengan didirikannya Burj Khalifa yang tingginya 828 meter di Dubai, Uni Emirat Arab, dan Mekkah dengan Clock Tower yang tingginya mencapai 559 meter.

Menurut The Guardian, dari 20 gedung tertinggi di dunia, empat di antaranya berada di Timur Tengah, empat di Amerika Serikat, termasuk yang baru One World Trade Center, dan sisanya yakni 12 gedung tinggi tersebar di Asia, termasuk Shanghai Tower.

The Guardian memperkirakan, perlombaan gedung pencakar langit masih belum mereda, diduga pada tahun 2020 mendatang akan ada lebih dari 16.000 gedung pencakar langit yang ada di seluruh dunia. []

loading...
loading...