Terkena Suhu Panas, Waspadai Kelelahan Saat di Baitullah

0

FENOMENA kelelahan kerap menimpa jemaah haji di saat musim panas atau di tempat-tempat dengan suhu tinggi seperti Makkah. Kadang-kadang, kelelahan menyerang jemaah secara tiba-tiba.

Sebagian besar kelelahan disebabkan oleh tubuh yang terkena suhu tinggi, sehingga pada gilirannya, mengakibatkan hilangnya sejumlah besar keringat yang mengandung Sodium Chloride.

BACA JUGA: Gunakan Pil Pencegah Haid Saat Haji, Bolehkah?

Gejala-gejalanya seperti kelelahan umum, sakit kepala, pusing dan agitasi, di samping banyak gejala lain seperti rasa haus, mual dan anoreksia (kehilangan nafsu makan yang ekstrem). Orang itu juga mungkin jatuh pingsan karena sakit dan dia mungkin pucat dengan tubuh yang dingin. Denyut nadinya menjadi lemah dan cepat atau kuat dan lambat, suhu tubuh menjadi normal atau kurang normal, dan jumlah urin menjadi lebih rendah.

Sangat penting untuk mengetahui cara mempertahankan diri terhadap penyakit serius ini. Begitu seseorang terkena sinar matahari hingga kehilangan banyak keringat, dia harus mengimbangi hal ini dengan mengkonsumsi minuman dalam jumlah besar dan mengambil tablet garam dalam beberapa kasus. Adapun cara perawatannya, itu adalah sebagai berikut:

Tetapkan orang yang sakit di tempat yang dingin, angkat kakinya ke atas dan gosok mereka dan beri dia air asin untuk diminum (satu sendok teh garam ditambahkan ke 1 liter air matang).

Seandainya dia sudah kehilangan kesadaran, maka perlu dibawa ke rumah sakit dan diberi cairan infus melalui pembuluh darah. Dalam hal ini, tekanan darah akan kembali normal dan suhu akan kembali normal.

Kram

Kram ini selalu menyerang orang-orang dengan tubuh normal yang melakukan pekerjaan berat di bawah suhu tinggi dan mengeluarkan banyak keringat. Kram juga biasa menyerang olahragawan yang melakukan pekerjaan yang sama.

Penyebab utama kram adalah karena banyaknya keringat yang hilang karena bekerja berat. Kram selalu disertai dengan nyeri yang parah di otot dan kadang-kadang di perut.

BACA JUGA: Ini 6 Keutamaan Haji Berdasarkan Alquran dan Hadis

Setelah beristirahat, jauhkan orang yang mengalami kram dari suhu tinggi, dan berilah beberapa tablet garam, orang itu mungkin merasa baik.

Perlu dicatat bahwa nyeri otot dan artikular meningkat sesuai dengan suhu tinggi. Seorang jemaah haji mungkin menganggapnya sebagai rematik. Namun, itu berasal dari infeksi yang terjadi di otot karena mengalami perubahan suhu yang disebabkan oleh AC. Hal ini bisa menghasilkan myosclerosis (sakit parah pada otot). Meminum aspirin dapat membantu dalam kasus ini. []

SUMBER: ABOUTISLAM

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline