Terkait Imigrasi, Meksiko Tolak Kebijakan AS

Foto: The Atlantic
0

MEKSIKO CITY – Pihak berwenang Meksiko Kamis kemarin (23/2/2017) menyampaikan keprihatinan terhadap AS terkait kebijakan imigrasi Presiden Donald Trump, Anadolu Agency melaporkan.

Dalam pertemuan di Mexico City, menteri luar negeri dan dalam negeri kedua negara membahas solusi pada masalah perbatasan antara kedua negara.

“Kami membahas perselisihan kami terkait beberapa kebijakan yang diumumkan oleh pemerintah AS yang memiliki implikasi bagi negara dan rekan-rekan kami,” kata Menteri Dalam Negeri Meksiko Miguel Osorio Chong dalam konferensi pers.

Menteri Luar Negeri Luis Videgaray mengatakan pejabat AS dan Meksiko sepakat untuk memikul tanggung jawab bersama dalam urusan migrasi, dengan penekanan pada mengatasi penyebab terjadinya migrasi.

“Dalam beberapa bulan mendatang, kita harus memanggil negara-negara yang terlibat dalam fenomena ini untuk dialog dan mengambil tanggung jawab bersama dalam mengatasi penyebab migrasi,” katanya.

Dalam upaya untuk menawarkan jaminan, Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, John Kelly mengatakan tidak akan ada penggunaan kekuatan militer dalam masalah migrasi dan tidak ada deportasi massal.

Menteri dalam negeri Meksiko, Osorio Chong mengatakan negaranya tidak akan menerima pedoman imigrasi baru AS yang membutuhkan agen perbatasan untuk kembali tak berdokumen ke Meksiko, bahkan jika mereka bukan warga negara Meksiko.

Kebijakan ini telah menarik kemarahan dari pemerintah Meksiko, ditambah lagi janji Trump untuk membangun dinding di sepanjang perbatasan selatan dan memaksa Meksiko untuk membayar hal itu. [fq/islampos]

loading...
loading...