islampos
Media islam generasi baru

Terkait 911, Puluhan Perusahaan Asuransi AS Gugat Saudi

Foto: Worldbulletin
0

NEW YORK – Puluhan perusahaan asuransi Amerika menggugat pemerintah Arab Saudi dan badan amal yang ada di negara itu. Mereka bergabung dengan ratusan keluarga dari korban 11 September yang mengajukan tuntutan hukum awal pekan ini.

Gugatan baru diajukan akhir Kamis pekan lalu di Pengadilan Distrik AS di Manhattan termasuk gugatan yang diajukan perusahaan asuransi nasional seperti Liberty Mutual dan Safeco. Menurut laporan media, gugatan itu menuntut ganti rugi lebih dari 2 milyar dolar.

Sekitar 800 keluarga korban, dan sekitar 1.500 orang korban terluka korban serangan 9/11 di New York, mengajukan gugatan akhir pekan lalu terhadap pemerintah dan lembaga amal Saudi.

Mereka mengklaim Saudi dan sejumlah badan amal yang disponsori negara telah memberikan dukungan finansial dan material ke organisasi teroris al-Qaidah untuk melakukan serangan.

Para penggugat tersebut menggambarkan serangan 911 sebagai aksi terorisme internasional. Dan langkah para penggugat berdasarkan UU Justice Against Sponsors of Terrorism Act (Jasta) yang disetujui oleh Kongres pada bulan September tahun lalu.

Jasta adalah yang pertama dan satu-satunya undang-undang yang diveto Barack Obama, presiden AS sebelum Donald Trump. Namun, Kongres AS berhasil mengesampingkan veto Obama tersebut, lapor Anadolu Agency.

Menurut para ahli, tuntutan hukum terhadap Saudi dapat mengeruhkan hubungan yang kuat antara AS dan salah satu sekutu terdekatnya di Timur Tengah itu. [fq/islampos]

loading...
loading...