islampos
Media islam generasi baru

Terbangun Saat Tengah Malam? Peka Dong …

Foto: Abu Umar/Islampos
0

Oleh: lia herlianti
Mahasiswi Semester 5 STEI SEBI Depok

 

PERNAH mengalami terbangun ditengah malam yang entah apa penyebabnya? Sedikit horor sih saat orang-orang terlelap dengan mimpinya masing-masing, kita malah terbangun sendiri. Jarum jam pun menunjukkan waktu subuh masih jauh. Saat seperti itu, banyak fikiran aneh terlintas sehingga sulit untuk tertidur kembali.

Tapi tahukah Anda, terbangun saat tengah malam merupakan kode bahwa Allah menginginkan kita untuk melaksanakan shalat malam dan berdzikir mengingat asma-Nya. Kita harus peka atas kode yang telah Allah berikan.

Saat orang lain sulit bangun untuk mengerjakan sholat tahajud, Allah beri kenikmatan kepada kita untuk bangun malam  tanpa sengaja.

Masih ingat tentang 4 kemuliaan tahajud yang tidak di dapatkan pada solat-solat lainnya? Mari kita review kembali hal tersebut:

Allah menjamin akan mengangkat karir pekerjaannya di tempat terbaik.

Cara dia bekerja, beribadah, beraktifitas, akan dibimbing Allah supaya mudah.

Kalau ada kesulitan dibimbing supaya keluar dengan lancar.

Kalau sedang bekerja ada yang mengganggu, ingin menyingkirkan, menyungkurkan, menyudutkan Allah yang tolong langsung tanpa perantara.

Dalilnya jelas bukan hanya hadist tapi langsung dari Al- Qur’an, yaitu Q.S  Al- Isra : 78-80

Allah berfirman:

“Laksanakanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan ( laksanakan pula sholat ) subuh. Sungguh, sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)”  (Q.S Al-Isra : 78)

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah ) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji.” (Q.S Al-Isra:79)

“Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkanlah aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ketempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi_Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).” (Q.S Al-Isra : 80)

Shalat tahajud, hukumnya sunnah. Bukan wajib, tapi apabila dilakukan, Allah akan angkat derajat kita ketempat yang terbaik, MasyaaAllah.

Bukan hanya itu, Imam syafi’i pun pernah mengatakan bahwa “Do’a saat tahajud, bagaikan anak panah yang melesat tepat mengenai sasaran”.

Allah telah beri kita kesempatan untuk bisa terbangun ditengah malam, agar kita mendapatkan 4 kemuliaan tersebut. Termasuk kemungkinan do’a yang langsung tembus tepat mengenai sasaran (diijabah-red).

Lalu apakah kita melewatkan kesempatan ini dan menarik selimut untuk melanjutkan mimpi yang terpotong? Peka dong! []

 

loading...
loading...