Tempat yang Layak sebagai Tujuan Safar

0

Oleh: Tugiarti
Anggota Kelas Menulis Islampos

 

SAFAR adalah menempuh perjalanan untuk menuju suatu tempat. Biasanya orang melakukan safar karena tujuan tertentu. Silaturahim, refreshing, rekreasi, menuntut ilmu, beribadah, berdakwah, berobat, tugas pekerjaan serta tujuan lainnya.

Pada umumnya ketika safar, manusia mengalami hal-hal yang berat. Allah, Dzat yang Maha Mengetahui sehingga memberikan rukhsoh -keringanan- bagi musafir -orang yang sedang safar-. Diantaranya keringanan dalam mengerjakan ibadah sholat, yaitu dengan cara jamak qoshor.

Dari dunia yang luasnya antara bumi dan langit, hanya ada tiga tempat yang layak dijadikan tujuan safar -perjalanan-. Janganlah bersangat-sangat dalam safar kecuali untuk mendatangi tiga tempat ini.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

َ ‏”‏ إِنَّمَا يُسَافَرُ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِ الْكَعْبَةِ وَمَسْجِدِي وَمَسْجِدِ إِيلِيَاءَ ‏”‏ ‏.‏

“Tempat yang layak dijadikan tujuan safar hanyalah tiga masjid. Yaitu, Masjid Ka’bah -masjidil haram-, Masjidku -masjid Nabawi- dan Masjid Iliya -masjidil Aqsha-. ” (HR. Muslim).

Masjidil haram terletak di Kota Mekkah. Masjid Nabawi terletak di Kota Madinah. Dan Masjidil Aqsha terletak di Kota Palestina -Al Quds-. Masjidil Aqsa disebut juga Baitul Maqdis.

Ketiga tempat tersebut merupakan tanah haram -suci-. Dua tempat telah dijamin keamanannya oleh Allah. Pun dajjal kelak tidak akan bisa memasuki dua kota tersebut. Sedangkan satu tempat lainnya menjadi kewajiban kita sebagai kaum muslimin untuk menjaganya.

Kota Mekkah dan Kota Madinah adalah dua kota yang dijamin keamanannya oleh Allah. Sedangkan tanah Palestina -Al Quds- merupakan salah satu tanah ribath dan tanah para syuhada’. Hingga kini dan sampai akhir nanti tanah Palestina -Al Quds- akan menjadi bagian dari jihad kaum muslimin.

Masjidil harram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha adalah tempat yang diberkahi Allah. Sehingga kita dianjurkan untuk bersangat-sangat mengunjunginya. Dengan beribadah disana mengharapkan keberkahan dari Allah.

Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita semua hingga dapat menapakkan kaki pada tiga masjid yang penuh berkah. Waallahu musta’an. []

tugiarti@kelasmenulis_24122017.

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline