ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Tawarkan Senjata kepada Vietnam, Trump: AS Pembuat Rudal Terhebat

0

VIETNAM—Presiden AS Donald Trump dilaporkan telah menawarkan penjualan rudal dan sistem senjata lainnya kepada Vietnam, Aljazeera melaporkan pada Ahad (12/11/2017).

Dalam kunjungan singkat di Vietnam dalam rangka KTT APEC, Presiden AS selanjutnya menyampaikan kepada Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc bahwa AS “Pembuat rudal terhebat di dunia.”

Sebelumnya, Trump juga telah menawarkan jasa kepada Presiden Vietnam Tran Dai Quang untuk bertindak sebagai mediator, dalam menangani perselisihan teritorial antara Vietnam dan negara-negara sekitarnya dengan Cina dalam masalah Laut Cina Selatan.

Namun  Quang mengatakan negaranya ingin menyelesaikan perselisihan di Laut Cina Selatan melalui perundingan damai.

Vietnam dan Cina bersama empat negara lainnya mengklaim semua atau sebagian perairan strategis Laut Cina Selatan itu.

Sementara itu Presiden China Xi Jinping dijadwalkan tiba di Vietnam untuk kunjungan kenegaraan pada hari Ahad. Perselisihan mengenai Laut Cina Selatan diperkirakan akan menjadi agenda utama perundingan Xi dengan para pemimpin Vietnam.

Trump juga telah menyoroti masalah perdagangan dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Vietnam dan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong.

Trump mengatakan kepada Nguyen Phu Trong bahwa perdagangan menjadi elemen yang sangat penting dalam hubungan antara kedua negara.

Trump juga mengatakan, dia menantikan hubungan AS dan Vietnam yang fantastis bertahun-tahun yang akan datang. Sebelumnya kedua negara lama berperang di masa perang dingin yang berakhir dengan dipaksa mundurnya AS dari Vietnam pimpinan Ho Chi Minh yang komunis. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...