islampos
Media islam generasi baru

Taushiyah MUI Jelang Pilkada: Umat Islam Wajib Pilih Pemimpin Beriman dan Bertaqwa

0

JAKARTA – Beberapa hari jelang dilaksanakannya pemilukada secara serentak pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan beberapa taushiyah yang salah satunya menyerukan umat Islam untuk menggunakan hak pilihnya.

“MUI meminta kepada umat Islam untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab, sesuai dengan tuntunan agama. Sebagaimana Hasil Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia Tahun 2009; Memilih pemimpin menurut ajaran Islam adalah kewajiban untuk menegakkan imamah dan imarah dalam kehidupan bersama,” kata isi taushiyah yang dirilis pada Jumat hari ini (10/2/2017).

Lebih lanjut MUI menyatakan bahwa dalam menggunakan hak pilihnya, umat Islam wajib memilih pemimpin yang beriman dan bertakwa, jujur (siddiq), terpercaya (amanah), aktif dan aspiratif (tabligh), mempunyai kemampuan (fathonah), dan memperjuangkan kepentingan umat Islam.

Taushiyah yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum MUI, Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc, MA dan Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Drs. H. Sholahudin Al-Aiyub, M.Si ini juga menghimbau kepada mayarakat, khusunya umat Islam untuk menjaga situasi agar tetap aman, damai dan terbangun suasana kehidupan yang penuh harmoni. Masyarakat agar ikut serta mengawasi proses pelaksanaan pemilukada, sehingga mencegah potensi terjadinya kecurangan dan gangguan keamanan.[fq/islampos]

loading...
loading...