ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Tasyakur Milad ke-28, Direktur LPPOM MUI: Lab. Halal Kami Sudah Terakreditasi KAN

0

JAKARTA – Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) hari Rabu lalu menggelar acara Tasyakur Milad ke-28 dengan mengambil tema ‘Bekerja Profesional Berintegritas untuk Melindungi Umat’. Acara Tasyakur Milad sendiri diadakan di kantor MUI Pusat Jalan Proklamasi, Jakarta.

Selama 28 tahun berkiprah dalam memberikan sertifikasi halal, sudah banyak capaian yang diraih LPPOM MUI. Bahkan standar sertifikasi halal LPPOM MUI menjadi rujukan puluhan lembaga halal dari berbagai negara.

Menurut direktur LPPOM MUI, Dr Lukmanul Hakim, Msi, saat ini laboratorium halal LPPOM MUI sudah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) sesuai persyaratan SNI ISO 17025:2008.

“Akreditasi itu diberikan untuk pengujian Deteksi Porcine DNA (kandungan babi) menggunakan real time PCR, dengan ruang lingkup daging dan produk olahannya, bahan sediaan obat atau farmasi dan bumbu dengan nomor akreditasi LP-1040-DN,” ujar Lukmanul Hakim Rabu lalu saat memberikan sambutan di Tasyakuran Milad ke-28 LPPOM MUI.

LPPOM MUI sendiri dibentuk atas mandat dari pemerintah/negara agar MUI berperan aktif dalam meredakan kasus lemak babi yang sangat meresahkan konsumen Indonesia – khususnya umat Islam – pada 1989 silam. Setahun kemudian, tepatnya pada 6 Januari 1989, MUI mendirikan LPPOM MUI yang bertugas melakukan pemeriksaan dan sertifikasi halal.[fq/islampos]

loading...
loading...