ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Tanggapi Keputusan Trump, Putin dan Erdogan: Trump Buat ‘Kacau’ Timur Tengah

0

ANKARA— Tanggapi pernyataan resmi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump,  Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam keputusan Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu kota Israel.

Keputusan tersebut telah membuat kacau daerah di Timur Tengah dan menghapus kesepakatan perdamaian diantara Negara Palestina dan Israel.

Erdogan dan Putin Memperingatkan AS bahwa keputusan Trump dapat meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

“Setiap kesepakatan damai harus dibangun berdasarkan keputusan sebelumnya di bawah PBB. dan mengenai status Yerusalem adalah hal yang dilakukan dengan pembicaraan langsung antara Palestina dan Israel,” ujar Putin seperti dilansir dari Euronews, Selasa (12/12/2017) kemarin.

Terkait banyaknya korban Luka-luka dan tewas pada unjuk rasa menolak keputusan Trump di daerah palestina, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut trump tak memiliki hati dan nurani.

“Israel melihat perkembangan terakhir sebagai kesempatan untuk meningkatkan tekanan dan kekerasan terhadap orang-orang Palestina. Tidak mungkin bagi siapa pun yang memiliki hati nurani, moral, atau prinsip untuk mengabaikan pembunuhan ini,” kecam Erdogan.

Kunjungan Putin ke Suriah dan Mesir menyoroti hubungan Rusia yang meluas dengan pemain kunci di Timur Tengah.

Pertemuan antara kedua pemimpin tersebut merupakan yang ketiga dalam satu bulan dan kedelapan tahun ini.[]

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...