Tanggapi Kasus Joshua dan Ge Pamungkas, Ernest Prakasa: Siap Ngomong, Siap Tanggung Jawab

0

JAKARTA— Komika Ernest Prakasa menanggapi terkait dilaporkannya komika Joshua Suherman dan Ge Pamungkas atas dugaan pelecahan agama pada materi stand up comedy yang mereka bawakan.

Ernest Prakasa yang juga komika stand up comedy mengatakan, setiap komedian memang harus memiliki tanggung jawab atas materi apapun yang diutarakan dalam pertunjukannya.

“Sebenarnya, tanpa ada masalah apapun, kondisi apapun, secara umum buat aku pribadi setiap komedian selalu punya tanggung jawab atas apa yang diomongin,” kata Ernest seperti dikutip dari Viva.co.id, pada Selasa (09/01/2018) kemarin.

Hal tesebut yang selalu ernest pikirkan pada saat membawakan materi-materi stand up comedy, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalau terlepas dari kondisi politik, kondisi apapun, selalu harus siap bertanggung jawab. Sesimple itu saja sih. Aku mau ngomong apapun, aku pikirin dulu. Ini nanti ada yang tersinggung kah, ada yang mempermasalahkan atau enggak, kita harus siap sama risikonya,” kata Ernest.

Ernest mengaskan, meskipun sebagai seniman memiliki hak untuk berekspresi, namun hal itu tentunya diiringi dengan rasa tanggung jawab dalam diri masing-masing.

Oleh sebab itu, siapapun yang berani mengungkapkan sesuatu di hadapan publik, seharusnya juga berani mempertanggungjawabkannya.

“Ya itu, kita tuh seniman bebas berekspresi, tapi bebasnya bebas bertanggung jawab. Jadi kalau ada dampak dari apa yang kita lakuin, ya kita harus siap, itu aja. Siap ngomong, siap tanggung jawab,” pungkasnya. []

 

 

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun