Tangga Khusus Raja Salman, Apa Sih Keistimewaannya?

0

JAKARTA—Sejumlah perlengkapan dan tangga pesawat khusus Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud, telah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Seperti diketahui Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud, berencana mengunjungi Indonesia selama sembilan hari, pada 1-9 Maret 2017, dengan membawa rombongan yang terdiri atas sekitar 800 orang.

Kargo yang mengangkut barang-barang miliki keluarga kerajaan mulai berdatangan di Bandara Halim Perdanakusuma sejak Selasa (21/2/2017) dini hari hingga subuh, dan pengiriman ini akan berlangsung sampai Kamis (23/2/2017).

Salah satu kargo spektakuler yang diangkut adalah tangga motorik atau eskalator yang biasa digunakan oleh Raja Salman.

Pesawat Saudi Arabian (SV 6854) tiba pertama di HLP pukul 24.00 WIB, lalu melanjutkan penerbangan ke DPS, tiba pukul 07.00 Wita, khusus untuk mengantarkan tangga tersebut.

Apa keistimewaan tangga untuk Raja Salman?

Dalam lawatannya kali ini, Raja Salman mempersiapkan semuanya secara khusus. Ini adalah kunjungan kepala negara dari Arab paling bersejarah bagi Indonesia karena kunjungan sebelumnya dilakukan oleh Raja Faizal pada 46 tahun lalu.

Selain bakal menumpangi pesawat hingga mobil mercy khusus yang didatangkan dari Arab Saudi, Raja Salman membawa tangga pesawat khusus dari negaranya.

Jika dilihat secara keseluruhan, tangga ini memiliki bentuk yang relatif sama dengan yang lainnya. Hanya saja, yang membedakan adalah warna dan ornamen yang ada pada tangga tersebut.

Tangga pesawat milik Raja Salman berwarna putih dan dihiasi kaligrafi emas di bagian atas. Secara fungsi, tangga itu bisa dibilang memiliki kegunaan yang lebih dibanding yang lain.

Diketahui dari sebuah unggahan video oleh akun The Watchdog di Youtube, tangga Raja Arab ini memiliki fungsi yang sama dengan eskalator. Sang raja tak perlu melangkahkan kaki berkali-kali untuk menuruni pesawat.

Hal itu sepertinya demi keamanan sang raja, mengingat ia sudah berusia lebih dari 80 tahun. []

loading...
loading...