ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Tak Ingin Mengemis, Gani Baba Rela Jadi Kuli Panggul dan Berjalan Sejauh 100 Km

dialymuslim
0

KEMISKINAN tak membuat ia lantas terpuruk dan berhenti berikhtiar, seorang lelaki tua bernama Gani Baba asal Pakistan memilih untuk menjadi kuli panggul tepung ketimbang menjadi pengemis.

Meskipun fisiknya sudah sangat tua dan lemah untuk memanggul puluhan kilogram tepung dipunggungnya, kakek ini benci mengemis dan ia tak akan pernah melakukannya.

Selama 25 tahun KAKEK  telah menjalani pekerjaannya sebagai seorang kuli panggul. Setiap hari, ia berjalan sejauh 1 kilometer untuk mengantarkan tepung ke toko kue di Peshawar.

Dalam sehari, kakek ini bisa berjalan hingga 100 kilometer untuk bolak-balik mengantarkan tepung.

Dengan kondisi fisiknya yang sudah renta, seringkali Gani Baba harus mengistirahatkan dirinya di tengah perjalanan.

Baca Juga: Kisah Inspirasi dari Muhammad Ali

Terkadang, orang-orang sekitar membantunya untuk kembali bangkit jika Gani Baba sudah selesai beristirahat, karena Gani sendiri sudah kesulitan mengangkat tubuhnya dan beban tepung di punggungnya.

Lelaki yang merupakan satu-satunya pencari nafkah dalam keluarganya ini dalam sehari mendapatkan 300 rupe pakistan atau setara tiga dollar.

“Setelah selesai bekerja, aku pergi ke pasar sayuran untuk membeli bawang dan kentang untuk memberi makan anak-anakku,” ujarnya.

Baca Juga: Kisah Inspirasi seorang Suami yang Lumpuh

Sesulit apapun usaha yang harus dijalani Gani Baba untuk mendapatkan nafkah, ia tetap bangga dengan pekerjaannya, karena ia benci mengemis dan ia tak akan pernah melakukannya.

Subhanallah. Semoga kisah Gani Baba ini dapat menginspirasi kita untuk terus berusaha mencari nafkah di jalan Allah. []

Sumber: dialymuslim

 

loading...
loading...