islampos
Media islam generasi baru

Tahun 2080, Kopi Mungkin Tak Dapat Dinikmati Lagi

Foto: 7 Themes
0

KOPI, minuman ini dicintai oleh begitu banyak orang. Tanpa kehadiran kopi sebagai teman di setiap waktunya, mungkin hari ini berjalan begitu aneh.

Namun bagaimana jika kopi hilang dari kehidupan kita? Nampaknya dengan semakin meningkatnya pemanasan global, kopi terancam musnah.

Sebuah laporan yang dirilis oleh The Climate Institute menyatakan bahwa kopi dapat sepenuhnya punah pada tahun 2080 jika pemanasan global terus berlanjut. Mengkhawatirkan.

Laporan itu mengatakan bahwa pada tahun 2050, setengah dari lahan pertanian kopi dunia bisa menjadi sia-sia karena kenaikan suhu mampu mendorong pertumbuhan jamur dan hama.

Jamur seperti karat daun kopi telah menyebar di Amerika Tengah, sedangkan hama yang disebut penggerek berry kopi—biasanya ditemukan di dataran yang lebih rendah—telah ditemukan di dataran yang lebih tinggi dari sebelumnya seperti di Tanzania.

Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi segala sesuatu dari rasa kopi, termasuk masalah harga dan ketersediaan bahan baku.

“Tanpa tindakan nyata untuk mengurangi emisi, perubahan iklim diproyeksikan akan memotong area global untuk produksi kopi sebanyak 50% pada tahun 2050. Pada tahun 2080—kopi liar—sumber daya genetik penting bagi petani, bisa punah,” demikian laporan tersebut lansir Indy100. []

loading...
loading...