ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Syahadat, Kekuatan Umat Islam

Foto: AFP. (Foto hanya ilustrasi).
0 450

SYAHADAT merupakan hal pertama yang dilakukan oleh umat Islam untuk meyakinkan keimanannya. Hal ini merupakan salah satu rukun Islam bagi sang juara. Mengapa demikian? Karena dengan mengucapkan kalimat ini maka seseorang dinyatakan telah beriman dan mengikuti pedoman untuk mencapai keselamatan.

Selain memberikan potensi, perlengkapan, kebutuhan bagi manusia, Allah SWT juga memberi bekal berupa sumber yang akan dijadikan pegangan hidup. Dan salah satu yang menjadi pegangan umat Islam adalah rukun Islam, yang salah satunya syahadat ini. Allah memberikan petunjuk ini tiada lain dan tiada bukan adalah untuk pedoman manusia dalam menyelesaikan segala problematikan kehidupan.

Syahadat merupakan arahan pertama yang memuaskan insting manusia untuk mengabdi, menyembah dan mencinta. Dua kalimat sakti ini merupakan tanda seseorang menyerahkan, mengabdi dan tunduk secara total kepada Yang Maha Esa pembawa risalah-Nya.

Dua kalimat ini yang benar-benar dipertahankan oleh umat terdahulu. Mereka rela berkorban demi mempertahankan akidah atau keyakinannya ini. Mereka juga rela fisik dan hatinya disiksa bahkan tersiksa oleh orang-orang yang memang ingin merusak keyakinannya itu. Bahkan mereka rela mati hanya karena mempertahankan akidahnya. Itulah yang menjadi alasan utama yang menjadikan umat Islam pada masa itu menjadi umat yang sangat disegani

Dua kalimat ini merupakan sebuah keputusan untuk mengikuti arahan sesuai dengan fitrah tauhid manusia. Sebuah keputusan yang akan membedakan kualitas dan nilai setiap perilaku manusia.

Kalimat inilah yang membedakan nilai dari setiap kebaikan yang dilakukan oleh umat manusia apakah hanya bernilai sosial ataukah bernilai sosial spiritual. Kebaikan hanya akan berakhir sebagai perbuatan baik di mata manusia yang kehilangan arti di hadapan Tuhannya tanpa dilandasi komitmen dari kalimat ini.

Sumber: Tuhan, Aku Selingkuh Dulu Ya/Karya: Rahmat Susanto/Penerbit: Zaga Media

Comments
Loading...