Surat Terkait Pencalonan Panglima Baru TNI Sudah Masuk DPR

0

JAKARTA –Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno mengirimkan surat ke DPR terkait penggantian Panglima TNI. Diketahui, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto terpilih sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.

Juru Bicara Presiden Johan Budi mengatakan, Hadi Tjahjanto memang telah diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Pertimbangan ini juga dilakukan karena Jenderal Gatot akan memasuki masa pensiun per April 2018.

“Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dianggap mampu dan cakap serta memenuhi syarat menjadi Panglima TNI sesuai dengan UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI,” kata Johan, seperti dikutip dari Republika, Senin (4/12/2017).

Kunjungan Mensesneg Pratikno di Kompleks Parlemen Senayan diterima oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Fadli Zon mengatakan surat dari Presiden tentang pencalonan Panglima TNI itu akan dibacakan di sidang paripurna. Setelah itu akan diserahkan pada Komisi I. Kemudian akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Panglima TNI. Jika disetujui, maka bisa diambil keputusan di rapat paripurna.

“Saya kira akan cukup waktu, nanti tentu akan kami kordinasikan dengan pimpinan komisi I dan juga fraksi-fraksi yang ada dalam Bamus untuk mengagendakan,” kata Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan tersebut. []

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline