ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Sudirman Said Tegaskan Sikap Sandiaga Sejalan dengan Wapres JK Soal Reklamasi

0

JAKARTA—Mantan Ketua Tim Sinkronisasi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sudirman Said mengatakan, gagasan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tentang reklamasi Teluk Jakarta sejalan dengan Wapres Jusuf Kalla.

Sudirman mengatakan, pada intinya pembangunan pulau baru sebaiknya tidak dilanjutkan. Sementara pulau yang sudah terlanjur dibangun sebaiknya dialihfungsikan untuk kesejahteraan masyarakat Jakarta.

“Jadi, apa yang disampaikan Wapres sama dengan yang dikatakan Sandi. Tapi bukan berarti dimanfaatkan sebagaimana sekarang dalam pelaksanaan, bukan untuk sarana komersial gitu,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Republika, Kamis (2/11/2017).

Mantan Menteri ESDM itu melanjutkan, ada dua langkah rekomendasi untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal reklamasi saat dirinya memimpin tim sinkronisasi. Pertama, mengkaji kembali pulau-pulau yang sudah terbentuk, baik secara aspek hukum, lingkungan dan pemanfaatannya.

Kedua, alih fungsi kawasan reklamasi yang sudah terbentuk untuk memberikan kesejaheraan kepada masyarakat Jakarta. Keseluruhan alih fungsi tersebut, kata dia, harus sesuai dengan Undang-Undang (UU) yang berlaku di Indonesia.

“Mesti kita cek Undang-Undang 26 mengatakan apa Undang-Undang 27 mengatakan apa, aturan pelaksana mengatakan apa. Pemanfaatan pulau-pulau kecil itu harus dicek,” demikian Sudirman Said. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...