islampos
Media islam generasi baru

Subhanallah, Impian Pria Miskin Ghana Ini Naik Haji jadi Kenyataan

Foto: Aboutislam
0

GHANA—Bak ketiban durian runtuh. Seorang warga miskin asal Ghana bisa mewujudkan mimpinya untuk naik haji.

Ia bisa berangkat haji setelah ia bertanya kepada kru TV Turki apakah “Pesawat tak berawak (drone) bisa membawanya ke Makkah.” Tak lama setelah itu, kisah warga Ghana ini menjadi viral di media sosial.

“Saya bersyukur kepada Allah dan saya mendoakan kepada semua orang yang telah membantu mewujudkan mimpi saya menjadi kenyataan,” kata Al-Hassan Abdullah kepada Anadolu Agency (AA) pada Jumat (18/8/2017).

Impian yang tak masuk akal bagi Abdullah yang hidup miskin menjadi kenyataan setelah dia bertemu dengan seorang kru TV asal Turki. Abdullah begitu takjub ketika kru TV menerbangkan drone berkamera di desanya di Ghana.

Karena penasaran, dengan polosnya Abdullah bertanya kepada kru TV tersebut “Apakah Anda memiliki yang lebih besar dari ini (drone) yang bisa membawa saya ke Makkah untuk naik haji?”

Saking viralnya cerita Abdullah di media sosial, membuat Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu turun tangan. Cavusoglu segera memberikan bantuan untuk mengatur perjalanan haji bagi Abdullah yang hidup kesusahan.

Abdullah tiba di Istanbul dari Ghana pada Jumat dan disambut oleh sebuah badan amal Turki yang fokus pada Ghana.

Cihad Gokdemir, wakil ketua badan amal yang menyambut Abdullah di bandara tersebut, mengatakan bahwa cerita Abdullah menjadi berita utama setelah seorang wartawan TRT World membagikan fotonya di Twitter.

“Tak lama, orang mulai mencari cara untuk menghubungi Abdullah. Mulai dari pebisnis hingga perusahaan. Akhirnya, seorang perwira polisi Turki dari Kedutaan Turki di Ghana menghubunginya untuk memberangkatkan haji Abdullah. Dia amat berterima kasih kepada rakyat Turki,” kata Gökdemir.

Bagi Abdullah, mimpi yang telah lama dinanti akhirnya menjadi kenyataan. []

loading...
loading...