islampos
Media islam generasi baru

Suara Terompah Bilal di Surga

Foto: Abu Umar/Islampos
0

Oleh: NS Risno
ensrisno@gmail.com

JANGAN meremehkan dosa kecil sebab biarpun kecil jika kerap dilakukan dosa yang kecil bisa menjadi besar.

Dan juga jangan mengabaikan amal baik yang nampaknya kecil dan ringan. Karena walaupun nampak kecil dan ringan jika dikerjakan dengan ikhlas dan istiqomah ia bisa menjadi besar. Bahkan bisa menjadi amal andalan yang sangat besar manfaatnya nanti di alam akhirat.

Bukankah kita pernah mendengar atau membaca sebuah riwayat, bahwa suatu malam Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam mendengar suara terompahnya bilal di surga, padahal waktu itu Bilal masih hidup alam di dunia?

Pagi harinya seusai sholat subuh Rasulullah shalahhu alaihi wa sallam bertanya kepada Bilal, “Wahai Bilal beritahu kepadaku tentang amalanmu yang paling engkau harapkan manfaatnya dalam islam. Karena sesungguhnya tadi malam aku mendengar suara terompahmu di depanku di surga?”

Bilal menjawab, “Wahai Rasulullah, tidak ada satupun amal perbuatan yang pernah aku lakukan yang lebih kuharapkan manfaatnya dalam Islam dibandingkan dengan (harapanku terhadap) perbuatanku yang senantiasa melakukan sholat (sunah) yang mampu aku lakukan setiap selesai bersuci dengan sempurna di waktu siang ataupun malam.” (HR.Muslim)

Sholat sunah seusai berwudhu, nampaknya amalan itu sepele dan ringan. Tapi ketika amalan itu dikerjakan dengan ikhlas dan ustiqomah ternyata mampu menjadi amal andalan yang mengantarkan Bilal masuk surga.

Karena itu, jangan kita meremehkan amalan yang nampaknya kecil dan ringan, karena kita tidak tahu jangan jangan amalan itulah yang akan menyelamatkan kita kelak di yaumul akhir. Wallahu ‘alam. []

loading...
loading...