islampos
Media islam generasi baru

Soal Vonis Ahok, Ini Kata Anies Baswedan

Foto:poskotaNews
0

JAKARTA—Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kasus penodaan agama terkait surat al-Maidah 51, oleh Majelis Hakim divonis pidana penjara selama dua tahun. Terkait putusan tersebut, calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghormati keputusan PN Jakarta Utara tersebut.

“Jadi kalau sikap saya, kita hormati putusan pengadilan, sebatas itu,” kata Anies di Bidara Cina, Jakarta Timur, Selasa, (9/5/2017).

Secara prinsip, kata Anies Baswedan, sebagai warga negara yang baik harus menaati peraturan hukum. Ketaatan itu berlaku untuk seluruh warga Indonesia.

“Hormati undang-undang, hormat pada aturan, termasuk keputusan-keputusan institusi pengadilan, kita hormati,” ujarnya.

Seperti diketahui Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara secara bulat menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara kepada Basuki Tjahaja Purnama atas kasus penistaan agama. Menurut hakim, Ahok terbukti melanggar Pasal 156 huruf a KUHP tentang penodaan agama.

Menurut hakim, Ahok telah memenuhi unsur-unsur penodaan agama. Video dan para saksi yang dihadirkan oleh jaksa penuntut adalah bukti tak terbantahkan bahwa Ahok pernah mengaitkan Surat Al Maidah ayat 51 dengan kata “dibohongi”.

Selain itu, hakim juga menilai Ahok mempunyai niat dan sengaja dalam mengucapkan kalimat itu. Sebagai pejabat publik, hakim mengatakan Ahok seharusnya berhati-hati dalam menggunakan istilah yang bisa dinilai melecehkan golongan tertentu.

Anies sendiri mengaku tidak ingin ikut berpolemik atas keputusan pengadilan terhadap Ahok. Anies hanya ingin fokus pada urusan warga Jakarta.

“Saya akan fokus pada melayani warga Jakarta, untuk menggerakkan warga Jakarta,” pungkasnya, demikian Tempo. []

loading...
loading...