Soal Utang RI, Ketum PPP: Tak Perlu Gaduh Jika Tak Mengerti Ilmu Ekonomi

0

JAKARTA—Terkait permasalah utang Negara Republik Indonesia yang diperdebatkan oleh sebagian pihak ditanggapi oleh Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy.

Gus Romi sapaan akrabnya, menilai masalah utang tidak perlu diperdebatkan. Sebab, menurutnya tidak ada yang salah dari kebijakan pemerintah untuk berutang.

“Perdebatan soal utang RI tidak perlu dibuat gaduh kecuali yang memang tak mengerti ilmu ekonomi,” kata Romi, pada Sabtu (14/4/2018) kemarin.

Romi menjelaskan, tidak ada satu negara pun di dunia yang tidak berutang. Contohnya saja, Amerika Serikat yamg menjadi negara adidaya telah berutang sejak lebih dari 200 tahun.

Ia menjelaskan, utang bukan hal yang dilarang selama dipakai untuk kegiatan yang produktif dan dikelola dengan baik.

“Perlu saya sampaikan tidak ada satu negara pun di dunia yang tidak berutang,” tegasnya.

Selama era pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, kata Romi, utang digunakan fokus untuk pembangunan infrastruktur demi menaikkan daya saing. Hal ini terlihat dari kenaikan belanja infrastruktur dari Rp 290 triliun di 2015 menjadi Rp 410 triliun di 2018.

“Berdasarkan indeks daya saing global, Indonesia naik 5 peringkat dari 41 di tahun 2016 menjadi 36 di tahun 2017,” ungkapnya.

Romi menambahkan, tantangan ekonomi ke depan adalah menurunkan laju inflasi dengan mengendalikan kebutuhan pokok sehingga bunga utang semakin murah. Cara penting lainnya adalah meningkatkan fundamental ekonomi agar rating utang bisa melesat menjadi AAA dari saat ini BBB-.

“Jika rating utang semakin baik, dan dampak pembangunan infrastruktur sudah dirasakan oleh masyarakat, kegaduhan soal utang pasti ditinggalkan,” pungkasnya. []

SUMBER: MERDEKA

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline