Soal Qatar, Erdogan: Hentikan Embargo, Utamakan Persaudaraan

0

ANKARA—Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta embargo politik terhadap Qatar oleh negara-negara Teluk segera dihentikan.

“Pihak Riyadh harus menempatkan sikap persaudaraan di depan permusuhan,” ujar Erdogan lansir al-Jazeera, Sabtu (10/6/2017).

Erdogan mendesak Arab Saudi untuk bertindak layaknya ‘Penjaga Dua Tempat Suci’ di barisan diplomatik Teluk. Mengisolasi Qatar, menurut Erdogan, tidak akan menyelesaikan krisis regional tersebut.

“Kami tidak akan meninggalkan saudara laki-laki (Qatar-red) kami,” tambah Erdogan kepada anggota Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) dalam jamuan buka puasa di Istanbul Jum’at lalu.

Presiden Turki berjanji akan melakukan segala hal, termasuk dengan kekuatannya untuk membantu mengakhiri krisis regional itu.

“Saya memiliki permintaan khusus untuk pemerintah Saudi, Anda adalah negara terbesar dan terkuat di Teluk. Kami memanggil Anda, “Penjaga Tempat Suci”. Anda harus bekerja untuk persaudaraan, bukan permusuhan. Inilah yang kita harapkan dari Saudi, Penjaga Masjid Suci,” lanjut Erdogan.

Erdogan sendiri menegaskan bahwa dirinya tidak pernah menyaksikan pihak Doha mendukung “terorisme”. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun