Soal Kotak Kosong di Pilkada Pati, Ini Pernyataan Ralat Mendagri


Advertisements

JAKARTA – Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, meralat pernyataanya terkait kemenangan kotak kosong di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pati. Berdasarkan hasil hitung sementara, pasangan calon tunggal Haryanto-Saiful Arifin Harfin yang unggul.

“Pilkada Serentak di Kabupaten Pati, hitungan terakhir sementara dan meski masih menunggu keputusan penghitungan KPU, ternyata pasangan calon tunggal yang menang,” kata Tjahjo dalam pesan singkatnya, Kamis (16/2/2017), seperti dikutip dari situs resmi kemendagri.go.id.

Advertisements

Maka dengan ini, pernyataan tersebut, mengklarifikasi pemberitaan sebelumnya, ketika Mendagri Tjahjo mengungkapkan, peristiwa kemenangan ‘kotak kosong’ terjadi dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati, Jawa Tengah pada pemungutan suara Pilkada Serentak 2017, Rabu (15/2/2017).

Baca juga: Meski Ada 1 Paslon, Kandidat Ini Kalah oleh Kotak Kosong

Mendagri mengatakan bahwa kotak kosong di Pati bisa mencapai 25,30 persen. Namun, jumlah suara untuk pasangan calon adalah 74,70 persen. Memang saling klaim kemenangan antara pasangan calon tunggal dan kotak kosong sempat menjadi polemik di Pati.

“Saya tegaskan tadi perhitungan sementara, walau belum ada keputusan KPU menunjukkan pasangan calon tunggal menang mutlak dari kotak kosong,” tambah Tjahjo. []

Foto: batam.tribunnews.com

Advertisements
loading...
loading...


Join the Discussion

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • arrow