Soal Kasus Puisi Sukmawati, Cak Imin: Nabi Selalu Mengajarkan Jadi Pemaaf

0

JAKARTA—Terkait polemik kasus puisi Sukmawati Soekarnoputri berjudul “Ibu Indonesia” yang dinilai telah menodai agama, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin meminta agar krisruh tersebut segera diakhiri karena yang bersangkutan telah meminta maaf.

“Tentu ini jiwa besar yang harus dihormati. Sudah kita akhiri polemik ini karena yang bersangkutan juga mengakui itu dengan elok dan minta maaf,” kata Cak Imin di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Soal laporan hukum terhadap Sukmawati termasuk isu akan adanya aksi unjuk rasa, Cak Imin mengingatkan bahwa Nabi selalu mengajarkan umatnya menjadi pemaaf.

“Tentu begini, demo itu hak demokrasi. Semuanya boleh melakukan itu. Tapi satu hal, Nabi dan Islam adalah pemaaf,” katanya.

Cak Imin sendiri menyarankan agar Sukmawati dapat mempelajari dan mendalami agama Islam. Dirinya berencana untuk mengajak Sukmawati melihat kehidupan di pesantren-pesantren di Indonesia.

“Saya juga menyarankan ke Bu Sukma untuk sama-sama mempelajari Islam lebih dalam. Saya mengajak beliau untuk bagaimana bisa mendengar dan melihat kehidupan pesantren di mana seluruh syariah itu sudah banyak sekali,” ujar Cak Imin.

Sebelumnya pada Rabu, (4/4/2018) lalu, Sukmawati meminta maaf terkait puisinya tersebut dalam sebuah konferensi pers di hadapan awak media. Ia menangis terisak menyampaikan permintaan maaf.

“Saya mohon maaf lahir dan batin kepada umat Islam Indonesia. Saya minta maaf dari lubuk hati yang paling dalam,” ujar Sukmawati dalam konferensi pers di Cikini, Jakarta Pusat. []

Sumber: Viva

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline