ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Soal DP Rumah 0%, Anies: InsyaAllah 2018

Foto: News
0

JAKARTA—Gubernur DKI Jakarta Terpilih Anies Baswedan menyatakan tahun 2018 mendatang, penduduk Jakarta bisa menikmati program kepemilikan rumah dengan uang muka (down payment / DP) Rp 0.

“Nanti dimumkan detailnya, tapi untuk tahunnya insyaallah 2018,” kata Anies, lansir Tempo, Senin (12/6/2017).

Pembangunan hunian untuk DP Rp 0, menurut Anies, itu sudah ada. Anies akan mempersiapkan skema pembiayaan yang bisa digunakan.

“Jadi supply rumahnya sudah banyak, sudah banyak rumah yang dibangun, yang belum adalah mekanisme pembiayaannya, nah ini yang akan ditelaah,” ujarnya.

Program yang ditunggu oleh banyak warga Jakarta ini, kata Anies Baswedan, bakal menggandeng pihak swasta untuk penyediaan hunian.

“Karena itu kami optimis. Seperti saya bilang, ini mekanisme pembiayaan , supply-nya dari banyak tenpat, supply rumahnya,” ujarnya.

Hambatan yang saat ini dihadapi, jelas Anies, adalah belum adanya Peraturan Daerah (perda) mengenai program tersebut. Namun Anies bisa memastikan perda itu akan segera diproses pasca mekanismenya ditentukan.

“Saya belum mau menyebut angka sekarang, kan yang penting itu jadi, wong belum ada perdanya sudah jalan kok swasta,” katanya.

Anies Baswedan yakin program tersebut dapat berjalan. Alasannya, pihak swasta saja dapat membuat program tersebut. Apalagi pemerintah.

“Itulah sebabnya dari dulu kami bilang, salah satu masalah terbesar Jakarta itu permukiman, kenapa kita tidak menyiapkan permukiman, swasta saja bisa bikin kok,” katanya. []

loading...
loading...