ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Singkirkan Halangan di Jalan Termasuk Sedekah

Foto: Adam/Islampos
0

KETIKA di perjalanan, seringkali kita menemukan halangan-halangan yang membuat perjalanan kita terganggu. Tentu saja, hal ini akan membuat diri kita sedikit merasa jengkel. Sebab, waktu yang ditempuh akan menjadi terulur akibat gangguan tersebut. Selain itu, boleh jadi gangguan yang menimpa di jalan akan membuat adanya seseorang terluka.

Oleh sebab itu, jika kita berada di posisi sebagai orang pertama kali yang melihat adanya sesuatu yang menghalangi perjalanan orang lain, maka singkirkanlah. Nah, kesadaran seperti ini memang masih kurang. Maka, jangan biarkan kita termasuk salah satunya. Tapi, jadilah pelopor kebaikan. Sebab, sebagai muslim, perkara yang dianggap sepele bisa bernilai pahala.

Seperti halnya menyingkirkan halangan di jalan merupakan amalan yang bernilai sedekah. Dari Abu Dzar dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam  bersabda, “Setiap hari setiap persendian anak Adam harus disedekahi, salam yang diberikan kepada orang yang dijumpainya adalah sedekah, setiap perintahnya kepada kebaikan adalah sedekah, setiap larangannya dari yang munkar adalah sedekah, membuang hal yang mengganggu jalan adalah sedekah, dan persetubuhannya dengan istri adalah sedekah,” (Kitab Abu Daud HN 4564).

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kamu juga bisa bersedekah, kamu menyingkirkan tulang dari jalan adalah sedekah, menunjukkan jalan adalah sedekah, menolong orang yang lemah dengan kelebihan kekuatan yang kamu miliki adalah sedekah, penjelasanmu kepada orang yang bingung adalah sedekah dan persetubuhanmu dengan istrimu adalah sedekah,” (Kitab Tirmidzi HN 1879).

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ketika laki-laki sedang berjalan dan menemukan ranting berduri di tengah jalan, kemudian dia menyingkirkan ranting tersebut hingga Allah pun bersyukur kepadanya lalu mengampuni dosa-dosanya,” (Kitab Muslim HN 3538). []

Sumber: tuntunanislam.com

loading...
loading...