islampos
Media islam generasi baru

Shalat yang Dipengaruhi Setan?

Foto: www.at-taqwatrust.co.uk
0

SHALAT merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Mengetahui hal ini adalah kewajiban, maka setan tidak akan tinggal diam. Ia akan melakukan berbagai macam cara agar seseorang tidak melaksanakan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahkan, boleh jadi setan membiarkan seseorang shalat tetapi dengan pengaruhnya. Wah, bagaimana bisa?

Ya, setan bisa mempengaruhi seseorang meski itu dalam keadaan shalat. Salah satunya tidak membiarkan kita shalat berjamaah. Kita tahu, bahwa shalat berjamaah mengandung pahala yang berlipat ganda. Melaksanakannya lebih baik daripada shalat sendirian. Tetapi, meski mampu, masih saja ada orang yang tidak melaksanakan shalat berjamaah. Inilah yang disebut shalat yang dipengaruhi setan.

Ternyata memang benar bahwa orang yang memilih shalat sendiri padahal mereka bisa melaksanakannya secara berjamaah ketika berada di rumah atau dimanapun itu sudah terpengaruh oleh bisikan setan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah ﷺ.

Abu Hurairah menyatakan, Rasulullah ﷺ bersabda, “Jika ada tiga orang di sebuah perkampungan atau lembah, mereka tidak mengerjakan shalat berjamaah, maka mereka telah dipengaruhi setan. Karena itu, kalian wajib mengerjakan shalat berjamaah. Sebab, hanya kambing yang terpencil dari kawanannya yang akan menjadi mangsa serigala,” (HR. Abu Dawud).

Tidak dapat dipungkiri bahwa setan akan senantiasa membisikan keburukan kepada manusia agar kita terjerumus dalam kesesatan seperti yang terjadi padanya. Mereka akan datang untuk menggoda dari segala sisi manusia tersebut berada.

Bagi orang yang kuat imannya, maka mereka akan selamat dari godaan tersebut. Akan tetapi, bila keimanan dan keyakinan kita masih kurang maka hal yang demikian ini wajib menjadi kewaspadaan. Namun, setan tidak akan goyah untuk tetap menggoda manusia walaupun orang tersebut rajin beribadah.

Salah satu caranya adalah dengan masuk dan merusak amal ibadah tersebut, seperti halnya shalat. Memilih shalat sendirian ketimbang berjamaah sudah termasuk dalam terpengaruh bisikan setan. Sebab setan tidak menginginkan manusia untuk mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Selain itu, dengan shalat sendirian juga akan memudahkan setan untuk merusak ibadah tersebut. Caranya dengan mengganggu konsentrasi kita agar salah membaca ayat, melakukan gerakan atapun membuat pikiran kita kemana-mana ketika tengah melaksanakan shalat tersebut.

Setan akan terus menganggu manusia ketika shalat, karena shalat merupakan tiang agama. Maka dari itu, setan tidak menginginkan manusia untuk melaksanakan perintah mulia tersebut dengan sebaik-baiknya.

Oleh sebab itu, apabila masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan shalat berjamaah maka kerjakanlah. Jangan mudah terpujuk rayuan setan dengan memilih mengerjakan shalat sendirian. Sesungguhnya tempat setan itu adalah di neraka, dan ia adalah makhluk Allah yang buruk perilakunya. []

loading...
loading...