Shalat Tepat Waktu, Ada Manfaatnya Lho!

Foto: Muslim.Or.Id
0

ALLAH Subhanahu wa Ta’ala sangat mencintai hamba-hamba-Nya yang selalu mendahulukan urusan-Nya. Termasuk dalam hal ini shalat di awal waktu. Ya, shalat di awal waktu, membuat Allah cinta pada kita. Tapi sayang, hanya sedikit orang yang mau melaksanakan hal itu.

Tahukah Anda, bahwa selain dicintai oleh Allah, ada manfaat lain yang dapat kita rasakan jika shalat di awal waktu? Selain memiliki keutamaan, shalat tepat waktu akan memberikan manfaat lain yang luar biasa dalam kehidupan kita. Apa sajakah itu?

1. Disiplin
Banyak yang mengatakan orang Indonesia terkenal suka tidak tepat waktu. Sebagai generasi muda, kita harus membuktikan bahwa hal tersebut tidak benar. Dengan membiasakan diri untuk selalu shalat tepat waktu, maka akan menumbuhkan sikap disiplin dalam diri kita. Sikap disiplin ini lama-lama akan menyebar juga pada kegiatan lain, tidak hanya shalat. Bagaimana kita bisa disiplin dalam kegiatan berat, bila hal seringan shalat saja kita malas-malasan?

2. Memprioritaskan Allah
Dengan suka menunda-nunda shalat karena alasan duniawi, berarti kita menomorduakan Allah. Dengan selalu melakukan shalat tepat waktu, maka Allah akan menjadi prioritas utama dalam kehidupan kita. Bagaimana doa kita didengar oleh Allah bila kita saja tidak memprioritaskan-Nya?

3. Pandai Mengatur
Memang banyak halangan untuk melaksanakan shalat secara tepat waktu, misalnya masih di jalan atau dikalahkan oleh rasa lapar. Bila sudah tahu penyebabnya, kita harus dapat memanajemen waktu dan kegiatan. Misalnya apakah memundurkan kepulangan kita, shalat di tengah perjalanan, atau memajukan kepulangan sehingga dapat shalat tepat waktu.

4. Menggugurkan Dosa
Siapa manusia yang tidak berdosa? Setiap manusia pasti memiliki dosa, namun dosa-dosa tersebut dapat berguguran dengan kita selalu shalat tepat waktu. Seperti sabda Rasulullah, “Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya,” (HR. Ahmad).

Itulah manfaat luar biasa yang akan kita dapatkan jika shalat tepat waktu. Jadi, masihkah kita malas-malasan dan mengundur waktu shalat? Jika hal itu masih ada dalam benak Anda, maka pikirkan dampak buruknya. Di mana manfaat tersebut tidak akan Anda peroleh. []

loading...
loading...