ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Shalat Berjamaah, Kesempatan Peroleh Doa Mustajab

Foto: Dailymoslem
0

BANYAK di antara kita yang masih enggan untuk melaksanakan shalat berjamaah. Padahal, jika kita menekuninya, maka berbagai macam manfaat dapat kita peroleh. Salah satunya ialah mendapatkan kesempatan berdoa mustajab. Mengapa bisa terjadi?

Dalam hidup ini kita memiliki banyak waktu yang jika kita berdoa di dalamnya akan dikabulkan. Bahkan, di sana ada waktu-waktu bagi doa yang tak mungkin ditolak. Di antara waktu-waktu dan kesempatan emas tersebut adalah waktu antara adzan dan iqamat.

Di antara faktor yang menyebabkan kita menggunakan waktu yang berharga tersebut (untuk berdoa) adalah shalat berjamaah. Sebab, pada umumnya, orang yang datang ke masjid sebelum iqamat selalu menyibukkan diri dengan dzikir dan doa. (Sebaliknya) orang yang shalat sendirian biasanya tidak memperdulikan kesempatan yang berharga ini.

Rasulullah SAW bersabda, “Doa tidak tertolak (mustajab) antara adzan dan iqamat,” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud, at-Tirmidzi dan an-Nasa’i. Dan Lihat Shahih Al-Jami’, no. 3408).

Dan di antara doa penuh berkah yang dapat diucapkan seorang Muslim adalah ketika masuk dan keluar masjid.

Nabi SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian masuk masjid hendaklah dia mengucapkan, ‘Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmatMu.’ Dan apabila keluar hendaklah dia mengucapkan, ‘Ya Allah, aku memohon kepadaMu sebagian dari karuniaMu’,” (Diriwayatkan oleh Muslim no. 247 [Mukhtashar]). []

Sumber: 40 Manfaat Shalat Berjamaah/Karya: Syaikh Abu Abdillah Musnid al-Qathani/Penerbit: Darul Haq

loading...
loading...