ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Shalat Ashar, Ini Keutamaannya

Foto: LAZIS Wahdah
0

TERKADANG, ashar merupakan waktu yang banyak orang lalai menjalankan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Banyak alasan yang dilontarkan untuk memperkuat dirinya tidak melaksanakan shalat. Seperti halnya, lelah atau terhalangi oleh pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

Padahal, shalat ashar memiliki keutamaan tersediri lho! Sangat sayang sekali jika kita melewatkannya. Memang, apa keutamaannya? Dilansir Rumaysho bahwa sedikitnya ada empat keutamaan yang akan kita peroleh jika melaksanakan shalat ashar.

1. Merupakan Amalan yang Akan Mengantarkan ke Surga
Shalat ashar merupakan salah satu ibadah wajib yang bisa mengantarkan seseorang ke surga. Sebagaimana disebutkan dalam beberapa riwayat hadis bahwa siapa saja yang melaksanakan shalat ashar, maka dia akan masuk ke dalam surga.

 

Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635).

2. Mendapatkan Pahala Dua Kali Lipat Serta Tidak Akan Masuk ke Dalam Neraka
Mengenai hal ini, ada sebuah hadis khusus yang menyebutkan tentang pahala bagi orang yang menjaga shalat ashar yaitu mendapatkan pahala dua kali lipat, dan ia juga tidak akan dimasukan ke neraka.

Hal ini disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Bashrah al-Ghifari yang menceritakan bahwa, “Rasulullah ﷺ shalat ashar bersama kami di daerah Makhmash. Kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya shalat ini (shalat ashar) pernah diwajibkan kepada umat sebelum kalian, namun mereka menyia-nyiakannya. Sehingga barangsiapa yang menjaga shalat ini, maka baginya pahala dua kali lipat’,” (HR. Muslim no. 830).

Selain itu Rasulullah ﷺ juga bersabda, “Tidak akan masuk neraka seorang pun yang mengerjakan shalat sebelum matahari terbit (yakni shalat shubuh) dan sebelum matahari terbenam (yakni shalat ashar),” (HR. Muslim no. 634).

3. Menjadi Pembeda Diri dari Orang Munafik
Keutamaan shalat ashar selanjutnya adalah menjadi sebuah pembeda diri dari orang-orang yang munafik. Sebagai umat Islam kita sangat dianjurkan untuk mengerjakan shalat di awal waktu. Sebab selain banyak keutamaan yang akan diperoleh, mengerjakan shalat di awal waktu merupakan salah satu cara untuk membedakan diri dari orang munafik.

Sebagaimana disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda orang yang munafik akan mengerjakan shalat ashar ketika matahari telah hampir tenggelam. Sehingga ia mengerjakan shalatnya secara cepat seperti patukan ayam.

“Itulah shalatnya orang munafik, yaitu duduk mengamati matahari. Sehingga ketika matahari berada di antara dua tanduk setan atau ketika hampir tenggelam, maka dia pun berdiri untuk mengerjakan shalat ashar empat raka’at secara cepat seperti patukan ayam. Dan dia juga tidak berdzikir untuk mengingat Allah, kecuali hanya sedikit saja,” (HR. Muslim no. 622).

4. Disaksikan Oleh Malaikat
Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa para malaikat malam dan siang silih berganti mendatangi seorang hamba. Dimana mereka akan berkumpul di saat shubuh dan ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian akan naik ke atas hingga Allah Ta’ala bertanya kepada mereka -dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya)-, “Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu?” Para malaikat menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan shalat,” (HR. Al-Bukhari no. 555 dan Muslim no. 632). []

loading...
loading...