ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Setelah Menikah, Inilah 5 Kewajiban Wanita Menurut Al-Quran dan Hadist

Foto: Jeremy Chou Photography
0

TIDAK dipungkiri, pernikahan menjadi momen yang biasanya paling ditunggu-tunggu setiap orang. Tak terkecuali wanita. Kita tahu, pernikahan yang berkah tentunya dapat diraih jika diorientasikan karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kehidupan wanita sebelum dan setelah menikah pasti sangat berbeda.

Wanita memiliki peranan dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Dalam Al-Quran ada kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi setelah menikah. Berikut adalah ayat-ayat Al-Quran yang berkenaan dengan kewajiban wanita setelah menikah, yakni:

1. Mengikuti Imam Keluarga
“Kaum laki-laki itu pemimpin wanita. Karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) alas sebagian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan harta mereka. Maka wanita yang solehah ialah mereka yang taat kepada Allah dan memelihara diri ketika suaminya tidak ada menurut apa yang Allah kehendaki. ”

Di dalam islam, suami adalah pemimpin atau imam bagi wanita. Hal ini bukan berarti segala apa yang dilakukan dan diperintahkan oleh suami harus seluruhnya ditaati. Hanya aturan-aturan yang tidak bertentang dengan ketetapan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang harus wanita laksanakan.

2. Bersikap Taat Pada Suami
“Wanita-wanita yang kamu kuatirkan akan durhaka padamu, maka nasehatilah mereka (didiklah) mereka. Dan pisahkanlah dari tempat tidur mereka (jangan disetubuhi) dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu bersikap curang. Sesungguhnya Allah itu Maha Tinggi lagi Maha Besar,” (An Nisa : 34).

3. Berbuat Kebaikan dalam Keluarga
”Bagi orang laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi mereka wanita ada bagian dari apa yang mereka usahakan,“ (QS An-Nisa’ :32).

4. Menjaga Aurat
“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung,“ (QS An-Nuur : 31)

5. Tidak Bersikap Jahiliah
“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu,” (QS. Al Ahzab: 33). Allahu a’lam. []

SatuMedia

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...