islampos
Media islam generasi baru

Setelah Berakhirnya Makhluk, Ini yang Akan Terjadi

Foto: Fatmah/Islampos
0

MANUSIA di muka bumi ini tidaklah kekal. Ada saatnya di mana seluruh manusia dan makhluk hidup lainnya akan punah dari muka bumi. Itulah yang kita kenal sebagai akhir zaman. Tak ada satu orang pun yang akan bertahan hidup di masa itu.

Setelah terjadinya akhir zaman tersebut, akan terjadi proses-proses yang menentukan seseorang untuk menempati tempat tinggalnya yang kekal. Entah itu surga atau kah neraka. Itu semua tergantung amal kita selama hidup di dunia. Lalu, apa yang akan terjadi sesudah habisnya manusia dan berakhirnya dunia?

Seorang ulama terkenal Abdul Kadir al-Jabili ditanya seperti itu. Dia menjawab, “Kembali seperti semula. Allah SWT menciptakan kembali makhluk-makhluk yang baru lagi.” Sesuai dengan firman-Nya, “… Sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah) kamu akan kembali (kepada-Nya),” (QS. Al-Araf: 29).

Namun, entah itu benar atau kah tidak. Karena manusia hanya bisa memprediksi berdasarkan dalil-dalil yang mereka pahami. Dan setiap insan memiliki cara pandang yang berbeda. Hanya yang pasti, Allah-lah yang Maha Mengetahui segalanya. []

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli as-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

loading...
loading...