islampos
Media islam generasi baru

Serius Garap Industri Halal, Wilayah Filipina Ini Bentuk Dewan Sertifikasi Halal

Foto: Halal Media
0

FILIPINA—Salah satu pemerintah daerah Filipina dikabarkan telah membentuk Dewan Sertifikasi Halal. Menurut laporan, dewan ini akan bekerja untuk mengawasi dan mengeluarkan label jaminan halal produk makanan untuk pasar Domestik dan global di Kota Davao.

Pembetukan dewan itu ditandai dengan keputusan Walikota Kota Davao, Sara Duterte yang telah merilis Perintah Eksekutif No. 12, bagi pembentukan Dewan Pengembangan Industri Halal Kota Davao, Davao Today, Ahad (23/4/2017).

Putri Presiden Filipina tersebut juga menegaskan bahwa inovasi di seluruh rantai sertifikasi halal ini bisa menjadi pendorong bagi pasar baru. Sebab keuntungan yang didapat dari industri halal global kini telah mencapai triliunan dolar.

Karena itu, Duterte mendesak instansi pemerintah nasional untuk bekerja sama dan menyelaraskan semua upaya untuk meningkatkan pertumbuhan industri halal.

Dengan demikian, walikota wanita pertama dan termuda Kota Davao itu percaya bahwa keputusan pendirian Dewan Sertifikasi Halal ini akan membantu pemerintah dalam menghasilkan sistem terpadu untuk produksi, sertifikasi dan pemasaran halal. Sehingga Filipina dapat memaksimalkan potensi besarnya di Pasar Halal Global.

Duterte akan menjadi ketua Dewan Pengembangan Industri Halal Kota Davao dan ketua bersamanya adalah Presiden Kamar Dagang dan Industri Islam Mindanao.

Keanggotaan dewan juga mencakup pejabat berbagai lembaga seperti Kantor Urusan Muslim Kota Davao untuk Masalah Syariah Halal; Pusat Investasi dan Promosi Kota Davao (DCIPC) untuk masalah investasi; dan Kongres Pariwisata dari Komite Halal Filipina untuk Pariwisata Halal. []

loading...
loading...