Sering Wudhu Tapi Masih Banyak Dosa? Begini Kata Imam Al-Ghazali

Foto: ChanelMuslim
0

ANDA tentu sering melaksanakan wudhu bukan? Ya, perintah berwudhu ini memanglah hal yang sunnah. Hanya saja, menjadi wajib ketika akan melaksanakan shalat. Sebab, salah satu syarat sahnya shalat ialah harus berwudhu terlebih dahulu. Mengapa? Karena dengan berwudhu, maka segala kotoran dalam diri, termasuk dosa-dosa kita akan hilang bersama air yang mengalir.

Dari Abu Hurairah sesungguhnya Rasulullah ﷺ bersabda, “Ketika seorang hamba yang muslim berwudhu lantas membasuh wajahnya maka keluarlah dari wajahnya tiap-tiap kesalahan yang dia lihat dengan matanya bersama air (wudhu), maka ketika dia membasuh kedua tangannya maka keluar dari kedua tangannya tiap-tiap kesalahan yang dipegang oleh kedua tangannya bersama air (wudhu). Maka ketika dia membasuh dua kakinya maka keluar tiap-tiap kesalahan yang kedua kakinya berjalan kepadanya bersama air (wudhu) sehingga dia keluar bersih dari dosa,” (HR. Muslim).

Ternyata membersihkan beberapa bagian tubuh dengan berwudhu memiliki keistimewaan yang luar biasa. Maka, semakin sering kita berwudhu, maka akan semakin banyak pula dosa-dosa berjatuhan. Mengingat, menjaga wudhu dalam kondisi apapun juga dianjurkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Hanya saja, terkadang ada orang yang terbiasa berwudhu tetapi dosa-dosanya tetap saja banyak. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Penyebabnya, sebagaimana dituturkan oleh Imam al-Ghazali dalam buku Bidayatul Hidayah, ialah tiadanya doa yang dipanjatkan dan nihilnya kekhusyukan saat seseorang berwudhu. Ia berkata, “Siapa yang berdzikir kepada Allah Ta’ala saat berwudhu, niscaya Allah Ta’ala membersihkan seluruh tubuhnya dari dosa. Dan siapa yang tidak berdzikir kepada Allah Ta’ala saat berwudhu, niscaya Allah Ta’ala tidak berkenan membersihkannya, kecuali secara fisik (pada anggota tubuh yang terkena air wudhu).”

Oleh sebab itu, perbaikilah wudhu kita. Jangan hanya sekadar asal basah saja. Melainkan, lantunkanlah doa-doa dalam berwudhu. Sempurnakanlah pula tata cara berwudhu kita, sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ. Sehingga, dosa-dosa pada diri kita pun benar-benar pergi bersama air yang mengalir. Wallahu ‘alam. []

Sumber: bersamadakwah.net

loading...
loading...