ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Sering Mengkhayal Ketika Shalat, Ini Dia Solusinya

0

Advertisements

SHALAT merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim, karena shalat merupakan merupakan ibadah yang pertama kali dihisab di akhirat kelak, Melihat pentingnya ibadah shalat ini, maka umat Islam patut untuk mencari solusi agar shalatnya baik, dan khusyu.

Telah kita ketahui bersama bahwa setiap amal ibadah yang kita lakukan tidak akan pernah luput dari godaan laknatullah. Begitu pula ketika kita melaksanakan ibadah wajib shalat yang lima waktu. Kerap kali konsentrasi dan fokus kita terhadap ibadah shalat dan bacaan dalam shalat buyar begitu saja. Khayalan menjadi melalang buana entah kemana, bahkan terkadang yang mulanya tidak terpikirkan menjadi tiba-tiba terpikirkan. Bahkan sampai puncak parahnya kita jadi lupa sudah mengerjakan berapa rakaat dalam shalat.

berikut ini merupakan Cara-cara agar kita tak lagi mengkhayal dalam shalat:

Sadar
Hal yang paling pertama yang harus kita ketahui adalah menyadari bahwa setiap kali kita melakukan ibadah pasti ada yang setan yang membisikan agar kita tidak khusyu dalam shalat. Bisikan itu berupa riya, khayalan, dan rayuan negatif lainnya yang harus dan patut untuk kita dilawan.

Related Posts
1 of 3

Konsentrasi
Menurut Ustadz Basalamah dalam melaksanakan setiap ibadah, khususnya ibadah shalat haruslah kita kerjakan dengan tenang. Tenang disini maksudnya adalah konsentrasi yakni tenang dalam membaca bacaan shalat atau tidak terburu-buru, tenang dan fokus setiap melakukan gerakan shalat agar tertata dengan rapi.

Baca Ta’audz
Dalam sebuah riwayat hadits yang menjelaskan tentang sebuah kisah ketika Sahabat Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam yaitu ‘Utsman bin Abil ‘Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syetan telah hadir dalam sholatku dan membuat bacaanku salah dan rancau”. Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam menjawab, “Itulah syaitan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah Subhaanahu wa ta’aala Akupun melakukan hal itu dan Allah Subhaanahu wa ta’aala menghilangkan gangguan itu dariku” (HR. Muslim)

Muhasabah diri
Adapun selain godaan setan dalam menghambat kita dalam ibadah yakni dosa yang ada pada dalam diri kita. Maka, cobalah untuk bermusahabah diri yakni mengingat-ingat hal apa yang dapat mendatangkan dosa bagi diri kita. Setelah mengetahui apa saja yang dapat mendatangkan dosa bagi diri kita, tutup pintu dosa tersebut yakni dengan cara menjauhi berbuat dosa tersebut, dan istiqomah untuk menjaga diri dari berbuat dosa.

Demikian solusi mengatasi berkhayal dalam shalat. Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan bersama. Tetap cari ilmu lagi yang berkaitan dengan agar khusyu dalam shalat, Wallahu A’lam Bisshowab. []

 

 

Sumber:Hijaz[dot]id

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline