islampos
Media islam generasi baru

Serikat Wartawan Palestina Boikot Pemberitaan Pemerintahan Abbas

Foto: Al Jazeera
0

RAMALLAH – Serikat wartawan Palestina pada hari Senin (13/3/2017) mendesak anggotanya untuk memboikot liputan berita dari pemerintah Palestina yang berbasis di Ramallah dan pasukan keamanannya. Hal ini diserukan sebagai bentuk protes atas “agresi” yang dilakukan terhadap insan pers.

Pada konferensi pers yang diadakan Senin sebelumnya, kepala Persatuan Wartawan Nasser Abu Bakar menggambarkan insiden tersebut sebagai sebuah serangan ganas  dan kejahatan terhadap media dan orang-orang Palestina.

“Kami menuntut pertanggungjawaban pada mereka yang menyerang wartawan dan warga,” kata Abu Bakar pada konferensi pers yang dihadiri oleh wakil-wakil dari beberapa kelompok HAM Palestina.

Dia juga meminta wartawan untuk menahan diri dalam meliput pemerintah Palestina dan pasukan keamanan. Serikat juga berencana untuk mengajukan gugatan terhadap pemerintah Palestina dalam menanggapi insiden hari Ahad lalu, lapor Anadolu Agency.

Shawan Jabarin, direktur organisasi hak asasi manusia Al-Haq, menuduh pasukan keamanan Palestina telah melanggar hukum Palestina dengan mendispersikan pawai damai dan menyerang wartawan.

“Hukum Palestina telah dilanggar,” katanya. “Ada kasus penyiksaan di penjara dan penangkapan tanpa dakwaan, meskipun ada perintah pengadilan untuk membebaskan para tahanan.”

Sebelumnya pada hari Ahad, pasukan keamanan Palestina secara paksa membubarkan puluhan demonstran yang berkumpul di luar pengadilan di Ramallah. Ketika itu, demonstran memprotes sidang terhadap sekelompok aktivis politik.

Selama aksi pembubaran, sejumlah wartawan dipukuli oleh petugas keamanan. [fq/islampos]

loading...
loading...