Ribuan Pengungsi Muslim Rohingya Pulang ke Myanmar

0

DHAKA – Para aktivis di Bangladesh mengatakan sekitar 1.000 anggota minoritas etnis Muslim Rohingya yang mengungsi dari Myanmar pada waktu operasi anti-militan selama empat bulan oleh tentara Myanmar, telah pulang ke desa-desa mereka di negara bagian Rakhine.

Hal itu dilakukan setelah pemerintah Myanmar pekan lalu mengumumkan bahwa pemerintah akan menghentikan operasi militer di daerah itu.

Related Posts
1 of 44

Dikutip dari VOA, operasi angkatan darat Myanmar dimulai setelah sembilan orang polisi di pos-pos terpencil di perbatasan dengan Bangladesh tewas diserang kelompok tak dikenal.

Organisasi-organisasi HAM mengatakan tentara membakar lebih dari 1.000 rumah, menewaskan sejumlah warga sipil dan melakukan pelanggaran-pelanggaran lainnya. Sekitar 70 ribu penduduk desa Rohingya melarikan diri ke Bangladesh dan 20 ribu orang mengungsi di dalam negeri Myanmar.

Ko Ko Linn, seorang aktivis Rohingya yang berbasis di Chittagong, Bangladesh, hari Senin kemarin (20/2/2017) mengatakan bahwa pengungsi yang pulang diharapkan akan berkumpul kembali dengan keluarga mereka tetapi masih khawatir akan mendapatkan perlakuan kejam dari tentara Myanmar.[fq/islampos]

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline