ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Seorang Pria Tak Sengaja Temukan Topeng Batu Berusia 9.000 Tahun

0

Advertisements

DENGAN lubang berbentuk oval sebagai mata dan tonjolan kecil untuk hidung, topeng ini menyerupai topeng yang dipakai kiper olahraga hoki. Namun, topeng ini diukir dari batu 9.000 tahun yang lalu, di salah satu kota pertanian pertama di dunia.

Topeng itu ditemukan di dekat Pnei Hever, sebuah pemukiman Israel di sebelah timur Hebron di Tepi Barat. Ronit Lupu, seorang arkeolog dari Israel Antiquities Authority (IAA) mengatakan bahwa seorang menemukan topeng tersebut ketika berjalan melewati sebuah lapangan dari dalam tanah. Dia lalu menyerahkannya ke Unit Pencegahan Pencurian Barang Antik dari IAA.

BACA JUGA: Galeri Budaya Islam Dibuka di Museum Inggris

“Ini adalah temuan tidak sengaja, dan orang yang memberikan topeng ini adalah orang yang menunjukkan pada kami di mana dia menemukannya,” kata Lupu.

Melihat dari dekat topeng menunjukkan bahwa ia memiliki beberapa detail halus yang terukir di dalamnya, seperti gigi di sekitar celah mulut kecil.

“Aku suka bagian tulang pipinya,” kata Lupu. Dia menambahkan bahwa salah satu anggota staf di Museum Rockefeller di Yerusalem menangis ketika melihat topeng itu.

BACA JUGA: Israel Ubah Masjid Majdal jadi Museum dan Toko Miras

Topeng serupa pernah dibeli pada tahun 1970 oleh Moshe Dayan, yang adalah menteri pertahanan Israel pada saat itu. Dayan menganggap dirinya seorang arkeolog amatir dan sering terlibat dalam praktik yang disebut penjarahan hari ini. “Jika ada kekuatan apa pun di dunia yang dapat mengusir roh jahat, pastilah ia berada dalam topeng ini,” Dayan pernah menulis tentang topeng yang dibelinya.

Selain topeng berukir batu, para arkeolog juga menemukan tengkorak yang ditutupi plester di wilayah itu dari periode yang sama. Lupu mengatakan tujuan spiritual mungkin satu-satunya penjelasan untuk benda-benda seperti itu. []

SUMBER: LIVESCIENCE

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline