ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Senator AS Surati 22 Negara untuk Depak Korut dari PBB

Foto: Ilustrasi/Sindonews
0 233

WASHINGTON—Ketua subkomite Senat Asia Timur Amerika Serikat (AS) meminta China dan 21 negara lainnya untuk menekan Korea Utara (Korut).

Hal itu lantaran Korut telah berulang kali menentang resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB untuk melakukan uji coba rudal nuklir dan balistik. Washington telah berjuang untuk mendapatkan tanggapan yang efektif.

Melalui surat, Senator Republik sekaligus ketua Subkomite Cory Gardner meminta agar negara-negara segera mengakhiri hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Pyongyang.

“Mempertahankan hubungan diplomatik resmi dengan rezim yang terus menentang hukum internasional dan mengancam negara-negara di seluruh dunia hanya berfungsi untuk menghargai perilaku jahat,” tulis Gardner seperti dilansir dari Reuters, Selasa (19/9/2017).

“Selain memotong hubungan bilateral, saya mendesak pemerintah Anda untuk mendukung pengunduran diri DPRK dari Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata surat tersebut.

Gardner baru-baru ini memperkenalkan undang-undang yang akan memberlakukan embargo ekonomi AS terhadap entitas yang melakukan bisnis dengan Korut.

Surat Gardner akan dikirim ke 22 duta besar negara, yakni China, Brazil, Inggris, Bulgaria, Kamboja, Kuba, Republik Cheska, Mesir, Jerman, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Mongolia, Nigeria, Pakistan, Polandia, Rumania, Rusia, Swedia dan Vietnam. []

Comments
Loading...