islampos
Media islam generasi baru

Selama Ramadhan, Turki Siap Kirim 15 Ribu Ton Bantuan ke Somalia

Foto: Salam
0

TURKI—Pemerintah Turki dilaporkan telah mengirimkan 15 ribu ton bantuan kemanusiaan ke Somalia selama bulan suci Ramadan, Anadolu Agency (AA) melaporkan pada Sabtu (27/5/2017).

Kerem Kinik, presiden organisasi bantuan Bulan Sabit Merah Turki, atau yang biasa disebut ‘Kizilay,’ mengatakan bahwa kapal bantuan kemanusiaan tersebut akan berangkat dari pelabuhan Mersin dalam dua hari hingga ke Somalia.

“Bantuan akan dikirim ke semua wilayah di Somalia. Ada 1.000 truk bantuan kemanusiaan yang siap bergerak di kapal ini,” kata Kinik.

Somalia adalah satu dari beberapa negara Afrika yang menghadapi bencana kelaparan parah akibat kekeringan. Bencana kekeringan telah menimpa 11 dari 18 wilayah di Somalia, termasuk wilayah Teluk yang terkena dampak paling parah.

Bantuan yang dikirim Turki tersebut meliputi tepung terigu, gula, obat-obatan dan makanan bayi. Menurut Kinik, bantuan ini akan berguna untuk tiga juta warga Somalia selama bulan Ramadhan.

Kizilay telah mengirim 11 kapal bantuan ke Somalia sejauh ini.

Sementara itu, dua lagi kapal bantuan Turki lainnya bersiap untuk membantu Yaman, negara lain terkena bencana kelaparan.

“Ada wabah kolera di Somalia, Yaman dan Sudan Selatan saat ini. Setelah Yaman, kami akan berusaha mencapai Kuba dan wilayah utara di Sudan Selatan, ini adalah sebuah mobilisasi besar,” kata Kinik.

“Kami akan memberikan bantuan kepada sekitar sembilan juta orang,” tambahnya. []

loading...
loading...