ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Selama Bertahun-tahun, Akhirnya Hilal Terlihat di Manado

Foto: Sindonews
0

MANADO–Rukyatul hilal di Kota Manado membuahkan hasil. Hilal diketahui berhasil dilihat oleh dua orang saksi dalam rukyatul hilal yang dilakukan oleh Kanwil Kemenag Sulut di MTC Manado. Dua orang saksi itu pun langsung disumpah dalam sidang isbat yang dipimpin hakim Muhammad Daud Pengadilan Agama Kota Manado.

Dalam sidang isbat itu diketahui, dua orang saksi itu adalah Muhtar Bonde dari Kanwil Kemenag Sulut dan Muhammad Zulkifli dari Stasiun Geofisika BMKG Winangun.

Muhammad Zulkifli (25 tahun) mengaku melihat hilal dengan menggunakan alat pada pukul 18.10 Wita pada sebelah selatan matahari. “Terlihat tidak begitu lama,” ujarnya, dalam sidang, Jumat (26/5/2017).

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sulut Solemam Awad menjelaskan, hasil sidang isbat di Sulawesi Utara sudah dilaporkan dalam sidang isbat di Jakarta.

Pembimbing Syariah Muhtar Bonde mengungkapkan, hingga saat ini baru dua daerah yang dapat menyaksikan hilal, yaitu Maluku Utara dan Sulawesi Utara. “Umur hilal saat terlihat sudah mencapai hampir 30 menit,” ungkapnya.

“Kita cukup bangga karena hasil ini adalah yang pertama kali, sejak dilakukan rukyatul hilal bertahun-tahun lalu. Apalagi hasil ini akan jadi salah satu dasar dimulainya ibadah puasa Ramadan,” tandasnya. []

Sumber: Sindonews

loading...
loading...