islampos
Media islam generasi baru

Selain Indonesia, di 8 Negara Ini juga Ada Tradisi Mudik

Foto: JadiBerita.com
0

Menjelang hari raya Idul Fitri, masyarakat di Indonesia berbondong-bondong pulang kampung untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Di Indonesia, istilah pulang kampung ini disebut mudik. Tradisi ini wajib dilakukan oleh mereka yang tinggal jauh dari keluarga.

Tahukah Anda, ternyata bukan hanya di Indonesia yang memiliki tradisi mudik ini. Ada beberapa negara yang memiliki tradisi yang sama saat menjelang Idul Fitri.

1. Bangladesh
Sama halnya dengan Indonesia, tradisi mudik jelang hari raya Idul Fitri juga dimiliki Bangladesh yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam. Tak jauh berbeda dengan di Indonesia, beberapa hari sebelum Idul Fitri biasanya arus mudik di Bangladesh sudah mulai ramai. Orang-orang berbondong-bondong ‘menyerbu’ terminal bus, memadati stasiun kereta api hingga memilih mudik dengan perahu sungai.

2. Pakistan
Saat menjelang Lebaran, jutaan orang Pakistan pulang ke kampung halaman. Sama seperti di Indonesia, masyarakat Pakistan mudik karena ingin berkumpul dan berlebaran bersama keluarga dan sanak saudara. Sejak beberapa hari menjelang Idul Fitri, biasanya ribuan polisi dan kamera pengintai ditempatkan di berbagai lokasi ramai pemudik seperti di terminal bus, stasiun kereta api, dan bandara. Hal ini dilakukan demi menjamin kelancaran dan keamanan masyarakat yang mudik.

3. Turki
Di Turki, mudik dikenal dengan istilah bayram. Masyarakat Turki juga terbiasa melakukan bayram tiap Idul Fitri untuk berkumpul dan bermaafan dengan keluarga. Setelah berkumpul dengan keluarga, biasanya akan dilanjutkan dengan tradisi berziarah dan tabur bunga ke makam orangtua atau keluarga. Kegiatan mengunjungi makam keluarga di Turki dilakukan secara besar-besaran dan ditandai dengan maraknya kemunculan pasar bunga di beberapa daerah di negara tersebut.

4. Malaysia
Negara tetangga Indonesia ini ternyata juga menerapkan tradisi mudik jelang Lebaran. Di Malaysia, tradisi mudik dikenal dengan nama ‘balik kampong’. Masyarakat Malaysia melaksanakan ‘balik kampong’ tak hanya pada saat Lebaran, tetapi biasanya juga saat tahun baru Imlek.

5. India
Masyarakat India juga terbiasa melakukan mudik saat menjelang Lebaran. Orang-orang berbondong-bondong pulang kampung karena ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halamannya. Di samping mudik, masyarakat India bahkan memiliki tradisi perayaan Lebaran yang sama dengan di Indonesia, seperti saling mengirimkan makanan, bersilaturahmi, bersalam-salaman, dan membagikan sedekah.

6. Nigeria
Tradisi mudik di Nigeria dilakukan saat menjelang Idul Fitri yang ditetapkan sebagai hari libur nasional selama 2 hari. Banyak umat Muslim Nigeria yang pulang ke kampung halamannya masing-masing untuk mengunjungi keluarga serta berziarah ke makam keluarga.

7. Mesir
Bagi masyarakat Mesir, Idul Fitri tidak dirayakan secara besar-besaran. Mereka menganggap Idul Fitri hanya sebagai Id el-Shogayar yang berarti ‘Hari Raya Kecil’. Sementara perayaan secara besar-besaran justru dilakukan saat hari raya Idul Adha yang dianggap sebagai Idul Kabir atau ‘Hari Raya Besar’. Namun tetap saja, pada kedua Hari Raya ini masyarakat Mesir melaksanakan tradisi mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Di samping tradisi mudik, saat libur Lebaran biasanya banyak warga Mesir yang menghabiskan waktu dengan berkumpul di pinggiran Sungai Nil sambil mengenakan pakaian baru.

8. Arab Saudi
Tradisi mudik juga dilakukan oleh masyarakat Arab Saudi saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Selain mudik, saat menjelang Idul Fitri masyarakat Saudi juga sibuk menata rumah agar terlihat indah ketika dikunjungi tetangga atau keluarga saat Lebaran. Masyarakat di sana juga berlomba-lomba mempersiapkan berbagai makanan mahal dan lezat. Berbagai festival dan pertunjukan seni juga banyak digelar selama perayaan Idul Fitri. []

Sumber: Dream

loading...
loading...